Bukan Hanya Buaya, 5 Hewan Ini Dikenal Setia dengan Pasangannya

Ilustrasi Serigala (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 26 April 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Beberapa hewan memang dikenal mempunyai sifat setia, sebut saja seperti buaya yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidup.

Namun, sebenarnya bukan hanya buaya saja hewan yang dikenal sebagai hewan monogami. Terdapat sejumlah hewan yang juga dikenal sebagai hewan paling setia di dunia.

Kesetiaan hewan ini cukup unik, karena biasanya kita melihat hewan memiliki perilaku kawin dan berganti pasangan dengan bebas.

Berikut 5 hewan yang dikenal paling setia di dunia yang berhasil dirangkum dari Animalsarea.

1. Angsa

Mungkin banyak dari kamu pernah melihat gambar angsa menyatukan kepalanya dengan pasangannya? Ya, hal ini karena angsa sering digunakan sebagai simbol cinta dan kesetiaan hewan.

Sebagai simbol ikatan percintaan, angsa hadir dengan perilakunya yang akan menyatukan kepalanya dengan pasangannya. Karena kebiasaan ini, angsa terkenal sebagai hewan monogami.

Meski begitu, ada juga angsa yang ditemukan akan berpisah oleh pasangannya. Hal ini terjadi karena gagal bersarang, pasangannya mati atau menjadi mangsa predator.

2. Rayap

Mungkin kamu tidak mengetahui bahwa serangga satu ini merupakan hewan yang paling setia. Faktanya, ratu rayap akan kawin sekali dengan rayap jantan, menyimpan gamet seumur hidup sebagai ratu. Sedangkan rayap jantan akan segera mati, tidak pernah kawin lagi.

3. Serigala

Serigala bukan hanya terkenal setia pada pasangannya, namun juga dikenal setia terhadap manusia. Kelompok serigala akan terdiri dari serigala jantan, serigala betina, anak-anaknya. Karena hal ini membuat serigala menjadi hewan yang setia terhadap pasangan dan juga kelompoknya.

Baca Juga: Bukan Hanya Buaya, 5 Hewan Ini Dikenal Setia dengan Pasangannya
Tidak Hanya Manusia, Hewan Ternyata Juga Bisa Bersin Lho

4. Penguin

Salah satu hewan yang masuk dalam kategori burung ini dikenal sebagai hewan yang setia. Pada kehidupannya di alam bebas, sepasang penguin hanya bisa bertahan hidup selama 1 tahun dengan pasangannya, kemudian mereka akan mencari pasangan lain pada tahun berikutnya saat musim kawin tiba.

Namun, ada juga penguin yang akan berpasangan kembali dengan pasangan yang sama.

5. Elang Laut

Meski hewan yang dikenal albatros ini merupakan penjelajah jauh, namun mereka akan kembali ke tempat yang sama untuk menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu hewan yang paling setia di dunia.

Selama musim kawin, mereka akan kembali ke tempat berkumpulnya untuk kawin lagi dan ini akan terus berlanjut.

Video Terkait