Hindari Flu Burung, Bonbin AS Berusaha Selamatkan Koleksi Unggasnya

Kebun Binatang AS lindungi unggas. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 8 April 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Wabah flu burung tak hanya merugikan para peternak unggas di AS, tetapi juga meresahkan para pengelola kebun binatang di negeri Paman Sam ini. ZooAmerica di Hershey, untuk sementara memindahkan spesies unggas yang paling rentan ke kandang yang berbeda dalam upaya untuk melindungi mereka dari flu burung yang sangat menular dan berpotensi mematikan.

Unggas atau burung-burung telah dipindahkan ke kandang yang beratap atau ke lokasi luar ruangan yang tertutup untuk pemantauan ketat, dan untuk mencegah kontak dengan burung liar yang kerap datang ke kebun binatang, kata Quinn Bryner, Direktur Hubungan Masyarakat dan Strategi di Hershey Entertainment & Resorts Co.

The Associated Press melaporkan bahwa kebun binatang di seluruh Amerika Utara memindahkan burung mereka ke dalam ruangan dan menjauh dari manusia serta satwa liar dalam upaya untuk melindungi mereka dari infeksi penyakit.

Penguin mungkin satu-satunya burung yang dapat dilihat pengunjung di banyak kebun binatang saat ini, karena penguin sudah memiliki di dalam dan biasanya dilindungi dengan kaca, sehingga flu burung lebih sulit menjangkau mereka.

Spesies yang terkena dampak di ZooAmerica termasuk burung hantu bersalju, elang botak, bangau pasir, kalkun liar, elang ekor merah, elang peregrine, dan burung nasar kalkun, kata Bryner seperti dikutip yorkdispatch.com.

Baca Juga: Hindari Flu Burung, Bonbin AS Berusaha Selamatkan Koleksi Unggasnya
Putin Dikabarkan Mati di AS Akibat Gagal Jantung di Kebun Binatang



Hampir 23 juta ayam dan kalkun telah dimusnahkan di seluruh AS untuk membatasi penyebaran virus flu burung, kata Associated Press. Kebun binatang bekerja keras untuk mencegah unggas mereka mengalami nasib yang sama. Tentu para pengelola kebun binatang akan sangat sedih jika ada salah satu spesies langka yang mereka rawat harus dimusnahkan untuk menghindari penyebaran flu burung.

"Ini akan sangat menghancurkan," kata Maria Franke, manajer ilmu kesejahteraan di Kebun Binatang Toronto, yang memiliki kurang dari dua lusin burung penyanyi Loggerhead Shrike yang dikembangbiakkan dengan harapan dapat mengenalkannya kembali ke alam liar.

"Euthanasia adalah satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran flu burung," kata Luis Padilla, wakil presiden koleksi hewan di Kebun Binatang Saint Louis. "Itulah mengapa kami memiliki begitu banyak tindakan yang sangat proaktif ini."

 

Video Terkait