Mengenal 9 Kuda Kesayangan Rasulullah, Salah Satunya Subbah 'Sang Jawara'

Ilustrasi Kuda (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 6 April 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Nabi Muhammad SAW diketahui memiliki beberapa ekor kuda yang ia sayangi. Kuda-kuda tersebut juga diberi nama masing-masing. Beliau memiliki sejumlah kuda kesayangan yang digunakan baik untuk alat transportasi ataupun keperluan misi perang.

Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah pernah menekankan pentingnya keberadaan kuda pada masa itu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

خيرُ الخيلِ الأدهَمُ الأقرَحُ الأرثَمُ، ثمَّ الأقرَحُ المُحجَّلُ طَلقُ اليمينِ، فإن لم يَكُن أدهَمُ فكُمَيْتٌ علَى هذِهِ الشِّيَةِ

"Kuda terbaik adalah yang paling menderita, lecet, sakit, dan memiliki cedera. Jika kuda itu tidak bersikukuh, maka aku akan mati karenanya." (HR At-Tirmidzi, dari jalur Abu Qatadah)

Sementara itu, masih banyak pendapat berbeda mengenai jumlah dan nama-nama kuda Rasulullah SAW pun bervariasi.

Ahmad bin Ali Taqi al-Din al-Maqrizi melalui Kitabnya berjudul 'Imta al-Asma bi ma lil-Nabi min al-Ahwal wa al-Amwal wa al-Hafadah wa al-Mata, menjelaskan, di antara kuda-kuda Nabi yang lain yaitu bernama al-Bahjah, al-Thorf, al-Najib, al-Mandub, dan al-Karim.

Selain itu, Al-Maqrizi juga menyampaikan, bahwa jumlah kuda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi sallam adalah 23. Ini termasuk di antaranya kuda bernama Al-Ablaq, Dzul Iqal, Dzul Lammah, al-Murtajal, Al-Sarhan, Al-Ya'bub, al-Ya'sub, al-Syiha', dan al-Sajal.

Meski para ulama menyepakati ada tujuh nama kuda milik Rasulullah. Adapula yang mengatakan ada 9 nama kuda kesayangan Rasulullah. Berikut kesembilan nama kuda milik Nabi Muhammad sebagaimana dilansir dari laman Mawdoo.

1. Al-Murtajaz atau Asyhab

Nabi Muhammad SAW dalam kisahnya membeli kuda tersebut dari seorang Arab dari Bani Marra. Lalu setelah itu beliau beri nama Al-Murtajaz atau Asyhab karena warna putihnya dan sifatnya yang baik

2. Al-Lahif

Kuda ini memiliki ekor yang panjang hingga sampai menutupi tanah, itu alasan mengapa kuda tersebut diberi nama Al-lahif. Dalam literatur yang ada, kuda ini menyerupai gunung dan merupakan hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami dan ada yang menyebut pemberian dari Abu Al-Baraa.

3. Lizaz

Kuda ini hadiah dari pemilik suci Alexandria, yaitu Al-Muqauqis yang merupakan penguasa Koptik Mesir.

4. Al-Dzarib

Farwa bin Amr Al-Jadhami pernah menghadiahi Rasulullah seekor kuda yang diberi nama Al-Dzarib. Dinamai Al-Dzarib karena kekokohan dan kekuatannya yang besar dan Nabi menggunakannya dalam perang.

5. As-Sakaf

Bertubuh gemuk, kuat dan memiliki kuku yang keras sehingga dinamakan As-Sakaf. As-Sakaf merupakan kudah pertama yang dimiliki Rasulullah yang beliau beli dari seorang badui dari Bani Fazarah. Nabi menunggang kuda ini dalam Perangan Uhud.

6. Subbah

Kuda yang dibeli oleh Nabi dari seorang Arab dari Bani Juhaina dengan sepuluh unta ini berwarna pirang yang akhirnya diberi nama Subbah. Suatu hari Rasulullah pernah mengikutsertakan kuda Subbah ke dalam pertandingan dan kuda ini akhirnya menang yang membuat Rasulullah senang.

7. Al-Ward

Baca Juga: Mengenal 9 Kuda Kesayangan Rasulullah, Salah Satunya Subbah 'Sang Jawara'
Bagaimana Cara Kuda Tidur Sambil Berdiri? Ini Penjelasannya



Al-ward memiliki arti mawar. Kuda yang dihadiahi dari Tamim a-Dari ini berwarna merah dan pirang. Kuda yang pernah Nabi Muhammad SAW ini pernah diajak berperang lalu diberikan kepada sahabatnya Umar bin Khattab.

8. Al-Mallawah

Diberi nama demikian karena kudanya yang tampak lesu, haus dan tidak gemuk.

9. Al-Bahr

Kuda ini Rasul beli dari pedagang asal Yaman. Demikian nama-nama kuda kesayangan Rasulullah. Kuda satu-satunya hewan kesayangan Nabi dalam konteks menegakkan jihad fi sabilillah.

Video Terkait