Selain Jerapah, Ini Sederet Hewan yang Jarang Tidur

Ilustrasi - Jerapah (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 5 April 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Tidurnya hewan merupakan berkurangnya kesadaran atau respon pada perubahan rangsangan eksternal. Tetapi, sebenarnya tidak semua hewan tertidur loh Sobat Agri. 

Ada beberapa hewan yang tidak dapat tertidur lama atau tidur dengan cara yang tidak umum. Hal ini membuat kebutuhan tidur dan karakter tidur hewan berbeda-beda.

Dilansir dari World Atlas, berikut 4 hewan yang jarang tidur. 

1. Kuda 

Dalam 1x24 jam, kuda hanya membutuhkan waktu tidur yang singkat, yaitu hanya dua jam saja. Meskipun kuda domestik menghabiskan waktu hingga 3 hingga 5 jam. Bahkan, kuda yang usianya masih muda membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. 

Biasanya durasi tidur kuda hanya sekitar 15 menit sekali dalam keadaan berdiri atau berbaring. Dalam posisi nyaman, kualitas tidur kuda bisa terlihat ketika ia dalam kelompoknya, hal itu karena kuda merasa mendapat perlindungan. 

2. Paus 

Karena ukurannya yang besar, beberapa paus tidak dapat tertidur lama karena akan mudah tenggelam. Contohnya seperti paus sperma, ia akan tertidur selama 5 hingga 15 menit dalam posisi vertikal di permukaan air. 

Dengan adanya fakta ini, para ilmuwan berspekulasi jika paus hewan yang membutuhkan tidur paling sedikit di antara mamalia lain. Bagaimana tidak, jumlah durasi tidur paus di bawah 10 persen dari aktivitas harian mereka.

3. Katak Banteng 

Meski terbilang tak pernah tidur, tapi katak banteng dalam kondisi istirahat sepanjang hari. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di tahun 1967, di mana para ilmuwan memberikan hentakan kepada katak pada siang dan malam hari ketika mereka tampak sedang beristirahat. 

Meskipun para peneliti mengharapkan respon terhadap rangsangan harus lebih lambat saat tidur, responnya serupa pada siang dan malam hari. Satu-satunya waktu mereka tidur dengan benar adalah saat hibernasi. 

4. Jerapah 

Di penangkaran, jerapah tidur hanya selama empat atau lima jam, kebanyakan di malam hari, tetapi di alam liar jerapah hanya akan tidur sebentar saja. Cara jerapah tidur adalah sambil berbaring atau berdiri. 

Baca Juga: Selain Jerapah, Ini Sederet Hewan yang Jarang Tidur
Kesulitan Berdiri dan Menyusui, Jerapah Berusia 2 Hari Ini Terpaksa Disuntik Mati

Jerapah juga bisa masuk ke fase tidur nyenyak yang tidak teratur, di mana mereka menekuk leher dan menyandarkan kepala di paha atau pinggul. 

Para ahli menyebut posisi ini sebagai tidur paradoks, yaitu keadaan di mana mereka beristirahat tetapi dengan gerakan mata yang cepat dan aktivitas otot yang berkurang.

 

Video Terkait