Kenali Ulat Bulu Kucing, Bentuknya Imut namun Berbahaya

Ilustrasi Ulat Bulu Kucing (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 31 Maret 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Ulat adalah hewan bertubuh kecil yang merupakan tahap larva dari ordo Lepidoptera yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat.

Pada umumnya jenis ulat berbulu yang memiliki racun dan menyebabkan gatal-gatal apabila tersentuh oleh kulit. Ada salah satu spesies ulat bulu paling beracun di dunia, namanya ulat bulu kucing (Puss Caterpillar) atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Megalopyge Opercularis.

Penampilannya memang imut, ulat ini bisa tumbuh dengan panjang sekitar 2,5 cm. Hewan ini juga memiliki rambut di sekujur tubuhnya yang tampak seperti mantel bergelombang dan lebat seperti kucing anggora.

Warnanya pun beragam, mulai dari coklat, abu-abu, hingga putih. Akan tetapi jangan coba-coba untuk memegang bulu halusnya. Hal tersebut dikarenakan bulu-bulu yang ada pada ulat kucing sesungguhnya adalah duri beracun.

Kebanyakan kasus yang terjadi, bulu-bulu ini dapat membuat kita merasakan sakit yang lebih parah dari sengatan lebah jika tidak sengaja menyentuhnya. Memang tidak mematikan, tapi jangan abaikan bulu dari binatang endemik asli dari Florida, Amerika Serikat ini.

Karena ketika terkena racunnya akan menimbulkan rasa gatal, ruam, pusing, muntah, rasa sakit hingga tulang, denyut jantung akan lebih cepat bahkan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Baca Juga: Kenali Ulat Bulu Kucing, Bentuknya Imut namun Berbahaya
Kenali dan Lindungi, Ini 4 Hama Tanaman Sorgum

Reaksi yang ditimbulkan dari sengatan ulat bulu kucing ini akan berlangsung cukup lama yakni kurang lebih 12 jam.

Puss caterpillar sendiri hanya menunjukkan diri dua kali dalam setahun, yakni saat musim gugur dan musim semi.

Keunikan dari hewan ini adalah ketika bertelur, induk ulat bulu kucing akan menyelimuti telur-telurnya dengan bulunya yang tebal hingga menetas. Hal ini dilakukan agar telur-telur tersebut aman dari predator yang akan memangsanya.

Hal yang dapat dilakukan ketika tidak sengaja tersentuh oleh bulunya adalah dengan menempelkan selotip pada bagian kulit yang terkena lalu mencabutnya. Diharapkan selotip akan mengangkat jarum-jarum yang menancap di kulit. Setelah itu kamu bisa memberikan kompresan air hangat atau dingin sehingga akan membantu mengurangi rasa sakit.

Video Terkait