Kenali Argas Brumpti, Kutu yang Bisa Tidak Makan Selama Bertahun-tahun

Ilustrasi Arga Brumpti (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 30 Maret 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Laboratorium Binghamton University yang berbasis di kota New York melakukan penelitian terhadap sebuah spesies kutu Afrika selama 45 tahun.

Dilansir Science Alert, spesies kutu yang diberi nama argas brumpti ini terkenal akan kemampuannya yang dapat bertahan hidup dengan menahan rasa lapar selama 8 tahun. Uniknya lagi, dalam kurun 8 tahun tersebut kutu ini memiliki masa hidup hingga usia 30 tahun.

Julian Shepherd seorang Ahli entomologi yang ikut dalam penelitian ini, menyatakan bahwa ada beberapa kutu yang ada di laboratorium telah telah mencapai umur 27 tahun.

"Jauh di atas rata-rata usia kutu di dunia yang hanya bertahan sekitar 2 sampai 3 tahun," katanya.

Terlebih lagi, beberapa serangga berkaki delapan mampu bertahan hidup selama delapan tahun yang menakjubkan tanpa makanan.

"Hal ini yang membuat kita dan para tim di sini dibuat takjub karena kutu bisa bertahan hidup tanpa banyak makan atau minum," terangnya.

Untuk bertahan hidup dalam kondisi tersebut, salah satu kutu betina bertelur empat tahun setelah kematian kutu jantan terakhir dalam kelompok. Shepherd berspekulasi jika kutu betina mempunyai kemampuan dalam menyimpan sperma kutu jantan untuk waktu yang cukup lama.

"Umur panjang kutu ini tampaknya merupakan rekor untuk semua spesies kutu," tulis Shepherd dalam makalah yang baru diterbitkan dan menguraikan hasil penelitiannya.

Diketahui jika Shepherd sudah mulai meneliti kutu argas brumpti sejak 1976. Pada saat pertama kali ia menemukann kutu argas brumpti, serangga tersebut dalam kondisi yang stabil hingga sampai di ruang observasi yang dibuat seperti habitat aslinya.

Habitat kutu ini biasanya berada di lubang tanah, gundukan rayap dan mencari hewan lain untuk dihisap darahnya. Bahkan Shepherd mengatakan jika salah satu keturunan dari kelompok kutu itu masih hidup dan berkembang biak sampai sekarang.

Baca Juga: Kenali Argas Brumpti, Kutu yang Bisa Tidak Makan Selama Bertahun-tahun
Sederat Fakta Unik Laron, Serangga dengan Siklus Hidup dan Kisah 'Percintaan' yang Tragis

"Saya selalu terpesona oleh adaptasi organisme dengan lingkungan mereka," kata Shepherd.

Argas brumpti relatif besar untuk ukuran kutu. Serangga tersebut memiliki panjang hingga 20 milimeter atau 2 cm. Meskipun mereka biasa menggigit manusia, namun argas brumpti tidak membawa penyakit yang membahayakan.

Makhluk-makhluk ini juga memiliki kulit yang lembut dan kasar tanpa pelat keras yang ditemukan pada spesies kutu yang umumnya dikenal.

Video Terkait