Unik, 5 Jenis Hewan Ini Memiliki Jantung Teraneh

Ilustrasi katak. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 29 Maret 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Organ tubuh yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh adalah jantung. Berbicara soal jantung yang dimiliki oleh makhluk hidup memiliki ukuran dan volume yang berbeda-beda, sebab jantung tak hanya pada manusia, tetapi juga hewan. 

Namun ada beberapa fakta menarik tentang jantung yang ada pada hewan. Seperti seekor jerapah memiliki ukuran jantung sebesar 11 kilogram (kg). Selain jerapah dan babi tanah terdapat hewan lain yang memiliki jantung dengan bentuk aneh.

Melansir Live Science, berikut 5 jenis hewan yang memiliki jantung teraneh.


Paus biru

Paus biru memiliki jantung yang terbesar dari semua jenis hewan yang hidup sampai saat ini. Di mana paus biru memiliki jantung besar dengan berat sekitar 430 kg. Sama halnya dengan hewan mamalia lainnya, paus biru memiliki empat ruang pada jantungnya.

Cacing tanah

Cacing tanah tidak memiliki organ hati, melainkan ia memiliki lima jantung semu yang membungkus kerongkongannya. Cacing tanah juga tidak memiliki paru-paru, ia bernapas dengan menyerap oksigen dari kulitnya yang lembab.

Cephalopoda

Hewan laut yang memiliki tentakel, termasuk gurita, sotong hingga cumi memiliki tiga jantung. Dua jantung brakialis yang ada pada kedua sisi cephalopoda berfungsi untuk mengoksidasi darah dengan memompanya melalui pembuluh darah insang. Selanjutnya jantung sistemik yang ada di tengah tubuh bertugas memompa darah beroksigen dari insang ke seluruh organisme.

Baca Juga: Unik, 5 Jenis Hewan Ini Memiliki Jantung Teraneh
Kenapa Kecoak Mati Selalu Dalam Posisi Terbalik? Ini Penyebabnya

Kecoak

Kecoak adalah serangga yang memiliki sistem peredaran darah terbuka, yang berarti darahnya tidak mengisi pembuluh darah. Namun sebaliknya, darah akan mengalir dan melalui satu struktur dengan 12 hingga 13 ruang. Kecoak sendiri memiliki jantung yang berdetak dengan kecepatan hampir sama dengan manusia. 

Katak

Peneliti bidang amfibi dan reptil di Smitsonian Institution, Daniel Mulcahy menyebutkan bahwa Mamalia dan burung memiliki empat bilik jantung. Akan tetapi katak hanya memiliki 3 bilik jantung. Terdiri dari dua atrium dan satu ventrikel.
 

Video Terkait