4 Jenis Kuda Paling Populer dan Disukai di Dunia

Ilustrasi kuda morgan. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 29 Maret 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Tidak hanya hewan peliharaan rumahan yang disukai oleh banyak orang, kuda juga merupakan hewan yang populer dan banyak disukai di dunia.

Tak jarang beberapa orang memutuskan untuk memelihara kuda meskipun butuh biaya perawatan yang besar. Selain itu, kuda juga identik sebagai prasarana hiburan di berbagai tempat wisata.

Lalu, apa saja jenis kuda yang paling populer di dunia?

Morgan

Morgan adalah salah satu jenis kuda yang paling populer dan disukai di dunia. Kuda ini memiliki perawakan yang elegan dan misterius, berwarna hitam dan bertubuh padat. 

Kaki yang kuat, mata yang ekspresif, dan tubuh yang berotot menjadikan Morgan sebagai kuda yang sering diandalkan dalam pacuan kuda, show jumping, atau pun sebagai kuda tunggangan. Umumnya Morgan memiliki tinggi 145-157 cm dengan berat 408-453 kg dan bisa hidup hingga usia 30 tahun.

Thoroughbred

Thoroughbred merupakan salah satu jenis kuda yang sering dibiakkan sebagai kuda pacu. Postur kuda ini gagah, berotot, dan memiliki kisaran tinggi 157-173 cm. Warna Thoroughbred yang paling sering ditemui adalah cokelat, hitam dan abu-abu.

Uniknya, bagian kaki bawahnya berwarna putih seperti sedang mengenakan kaus kaki. Inilah yang membuat kuda ini populer dan disukai banyak orang. Sayangnya, karena dibiakkan untuk menjadi kuda pacu, Thoroughbred menjadi mudah mengalami stres dan cidera.

Kuda Poni Shetland

Jika mendengar kata kuda poni, tentu kamu akan terbayang seekor kuda yang lucu dan menggemaskan. Karena itu, kuda poni Shetland menjadi jenis kuda yang populer, banyak disukai, dan sering dijadikan sebagai peliharaan.

Berbeda dengan kuda lain yang berpostur tinggi, kuda poni Shetland memiliki tubuh yang mungil, menggemaskan, dan berbulu tebak sehingga cocok untuk anak-anak. Tingginya hanya berkisar 71-116 cm dengan berat 181-204 kg dan mampu hidup hingga 30 tahun-an. Sesuai namanya, kuda ini berasal dari Kepulauan Shetland di laut utara Skotlandia.

Baca Juga: 4 Jenis Kuda Paling Populer dan Disukai di Dunia
Dampak Naiknya Harga BBM, Warga Filipina ini Tunggangi Kuda

Kuda Arab

Sesuai dengan namanya kuda ini berasal dari Semenanjung Arab dan bisa dibilang merupakan salah satu ras kuda tertua di dunia. Kuda Arab memiliki tinggi sekitar 145-155 cm dengan berat 360-450 kg. Warnanya cukup bervariasi, mulai dari hitam, putih, cokelat hingga abu-abu.

Penyebab kuda ini menjadi kuda populer dan disukai karena cocok dibiakkan untuk dilombakan. Daya tahan, stamina, dan kecepatannya tidak bisa diragukan. Selain itu,  Kuda Arab juga merupakan hewan yang peka dan cerdas dalam berkomunikasi dengan penunggangnya.

 

Video Terkait