3 Cara Bikin Anak Tertarik pada Hewan Peliharaan

Ilustrasi Anak-Anak (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 28 Maret 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Beberapa hewan mungkin memiliki arti yang begitu spesial untuk kita, termasuk juga anak-anak. Bentuk tanda kecintaan kita pada hewan mungkin muncul ketika di usia balita.

Biasanya, sebelum seorang anak bisa mengucapkan sebuah kata-kata, para orang tua mengajarinya dengan menirukan suara berbagai macam binatang.

Mengutip laman Family Travel, banyak anak-anak yang memimpikan berbagai jenis binatang yang mereka suka. Seperti bermain dengan hewan, berkuda, atau memandangi ikan berenang didalam akuarium.

Namun, bukan berarti para orang tua tidak perlu lagi mengajari anak-anak bagaimana menyayangi binatang.

Pasalnya, kadang anak cenderung menyukai beberapa binatang saja yang biasa mereka temui sehari-hari. Akan tetapi, penting juga untuk memperkenalkan anak untuk menyayangi binatang lainnya. Bagaimana caranya?

 

Berikut tips agar anak-anak tertarik dengan hewan peliharaan. 

1. Memelihara Binatang di Rumah

Salah satu cara untuk mengajarkan kasih sayang terhadap hewan kepada anak adalah dengan memelihara binatang di rumah. Tidak perlu kucing atau anjing yang membutuhkan perhatian dan biaya lumayan banyak untuk perawatan, kamu bisa memilih burung dan hewan kecil lainnya.

Selain itu, memelihara semut dan ulat yang ditaruh di sebuah kandang khusus dari kaca juga bisa mengajarkan anak bagaimana kehidupan ulat hingga menjadi kupu-kupu. Juga, kamu bisa memperkenalkan anak bagaimana semut-semut mengantarkan makanan kepada ratunya.

2. Ajak Anak Lebih Dekat dengan Alam

Cara yang paling mudah adalah dengan mengajak anak untuk lebih dekat dengan alam. Sewaktu libur atau luang, ajaklah anak untuk pergi ke kebun binatang untuk mengenal beragam jenis hewan yang belum pernah mereka lihat di sekitar rumah.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Anak Tertarik pada Hewan Peliharaan
Cara Tepat Menangani Kucing yang Terkena Flu

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak ke taman nasional, di mana anak bisa melihat bagaimana binatang-binatang hidup dengan lebih bebas.

3. Traveling

Traveling bukan saja menjadi momen untuk mencicipi masakan khas setempat atau mengunjungi lokasi bersejarah. Tetapi, selama kamu traveling, kamu bisa mengajak anak ke berbagai lokasi yang memiliki penangkaran hewan endemik.

Video Terkait