Heboh! Sempat Dikira Ular yang Bersembunyi di Plafon, Ternyata Biawak

Seekor biawak akhirnya berhasil diamankan. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 Maret 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Probolinggo, Jawa Timur, mengevakuasi seekor biawak (Varanus salvator) berukuran cukup besar yang tengah bersembunyi di atas plafon rumah warga.

Pemilik rumah, Puji Prasetiawan (35 tahun) mengatakan awalnya biawak tersebut dikira seekor ular yang tengah bersarang di atap rumah. Namun ketika diamati dengan cermat moncong satwa jenis reptile ini berbeda dengan ular dan dipastikan seekor biawak.

“Awal pertama kemunculannya oleh anak saya dikira ular, sebab yang kelihatan hanya ujung ekornya di atasp plafon. Namun keesokan harinya, satwa ini mulai menampakan moncongnya dan dipastikan biawak.” Ungkap pemilik rumah, Puji Prasetiawan, warga Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo kepada Sariagri, Jumat (25/3/2022).

Penangkapan hewan biawak ini berlangsung dramatis. Sebab untuk dapat menangkapnya petugas sampai harus menjebol 2 plafon rumah Puji menggunakan alat khusus.  Selain itu, untuk memastikan posisi biawak, petugas sempat naik ke atas meja dan melihat ke dalam lubang plafon.

Setelah 1 jam dilakukan pencarian, posisi persembunyian biawak akhirnya diketahui petugas. Hanya dengan 1 kali sodokan dari bawah, plafon langsung jebol dan biawak terjatuh.

“Biawak ini memang agak liar, saat terjatuh dari plafon dan akan kami tangkap, mulutnya berusaha mengigit benda maupun alat yang digerakan ke tubuhnya. Namun akhirnya berhasil kami tangkap,” beber Muhammad Sholeh, Komandan regu IV Damkar dan penyelamatan Pemkot Probolinggo.

Baca Juga: Heboh! Sempat Dikira Ular yang Bersembunyi di Plafon, Ternyata Biawak
Langka! Momen Biawak Raksasa dan Ular Kobra Saling Menjulurkan Lidah hingga Bersentuhan

Agar tidak membahayakan, petugas kemudian mengikat mulut biawak menggunakan lakban. Selanjutnya biawak dievakuasi ke mako damkar pemkot probolinggo.

“Sementara biawak air ini, kami bawa untuk dirawat sebelum di lepasliarkan ke habitnya aslinya dihutan,” tandasnya.  

Video Terkait