Relawan di AS Temukan 20 Bayi Aligator yang Asyik Berjemur

Bayi Aligator yang sedang berjemur. (Foto: Facebook The Aransas National Wildlife Refuge)

Editor: Putri - Jumat, 25 Maret 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Seorang relawan taman nasional di Texas, Amerika Serikat (AS) menemukan 20 bayi aligator. Hewan buas yang masih bayi itu sedang berjajar dan berjemur di pinggiran sungai yang berumput.

Meski masih kecil dan lucu, terdapat peringatan bahwa masyarakat dilarang untuk mendekati mereka. Hal tersebut dikarenakan, bisa saja ibu dari bayi-bayi tersebut berada di sekitarnya.

The Aransas National Wildlife Refuge mengunggah foto bayi-bayi aligator itu di Facebook. Dilihat dari ukurannya, aligator tersebut baru menetas pada akhir 2021.

"Salah satu relawan kami menemukan bayi-bayi aligator saat melakukan lintas alam di Heron Flats Trail pada akhir pekan," kata pihak konservasi alam.

"Mereka mungkin menetas pada tahun lalu. Bayi aligator biasanya akan bersama dengan ibunya sampai berusia dua tahun," tambahnya.

Mengutip Fox Business, pihak Aransas National Wildlife juga memperingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati. Terutama ketika cuaca lebih hangat.

Sebelumnya petugas pemadam kebakaran bernama Daniel Duplantier menyaksikan adanya aligator di sungai Louisiana. Ia kemudian mendengar suara anak kecil yang meminta tolong. Mengetahui adanya aligator di sungai, ia bergerak cepat menolong anak tersebut.

Menurut Pemadam Kebakaran Westwego, Duplantier berhasil menarik anak itu dari air. Kru penyelamat kemudian membawa anak itu kembali ke pinggir kanal, kemudian ia diberikan pertolongan pertama.

Pemadam Kebakaran Westwego kemudia menceritakan peristiwa tersebut di akun Facebook resminya. Pihak pemadam kebakaran kemudian menambahkan "Musim semi telah tiba dan Musim Panas sudah dekat, awasi anak-anak di sekitar saluran air dan kolam renang."

Baca Juga: Relawan di AS Temukan 20 Bayi Aligator yang Asyik Berjemur
Pertarungan Sengit 'Sang Predator' Jaguar Melawan Buaya, Warganet: Kucing Terkuat di Bumi

Pemadam kebakaran juga mengingatkan orang-orang bahwa penting untuk selalu waspada di mana aligator tinggal.

Aligator merupakan predator yang kerap disamakan dengan buaya. Dikutip dari Live Science, aligator dan buaya memang sama-sama dalam ordo taksonomi Crococdylia. Ordo ini terbagi menjadi tiga famili utama, yaitu Alligatoridae (aligator), Crocodylidea (buaya), dan Gavialidae (gharial)

Namun dari segi fisik keduanya berbeda. Moncong aligator bentuknya lebih lebar, seperti huruf U sedangkan buaya seperti huruf V. Secara alami, habitat aligator adalah rawa, danau, dan daerah aliran sungai yang rendah. Mereka tidak bisa tinggal di air asin.

Video Terkait