Ajaib! Tanpa Memutar Kepala, Kelinci Dapat Melihat Sampai 360 Derajat

Ilustrasi kelinci. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 17 Maret 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Kelinci menjadi salah satu hewan favorit banyak orang selain kucing dan anjing. Kelinci termasuk ke dalam hewan yang cukup lincah, hal tersebut berkaitan dengan indra pengelihatan mereka.

Mata yang berada di sisi samping kepala, membuatnya dapat melihat dengan jangkauan 360 derajat tanpa perlu menoleh. Kemampuan ini memungkinkan mereka mengamati sekelilingnya secara keseluruhan. Berbeda dengan anjing dan kucing yang penglihatannya terbatas pada area di depannya.

Mengutip dari Rabbit Care Tips, saat ada individu, baik hewan ataupun manusia lain mendekati kelinci dari belakang, mereka tidak perlu menggerakkan kepala untuk mengetahuinya. Peristiwa ini seringkali terjadi ketika manusia ingin menghampiri hewan tersebut.

Hewan menggemaskan ini juga bisa melihat benda dari kejauhan. Penglihatannya menjangkau berbagai sisi yang berbeda dari atas, bawah, depan dan belakang. Sebagai contoh, hewan ini bahkan lebih gesit dibanding manusia saat melihat pesawat terbang di udara, dan dapat melihat beberapa objek yang berbeda secara bersamaan.

Meskipun hewan tersebut dapat melihat ke segala arah, namun matanya tidak pandai melihat kedalaman objek, seperti warna. Itulah alasan mengapa kelinci tidak cepat menyadari keberadaan makanan, bahkan ketika makanan tersebut sudah diletakkan di depannya.

Baca Juga: Ajaib! Tanpa Memutar Kepala, Kelinci Dapat Melihat Sampai 360 Derajat
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Pakan Kelinci

Menurut Amazing Science, kelinci adalah hewan dengan penglihatan yang lengkap, yang bermanfaat dalam mengukur jarak dari predator.

Berbeda dengan hewan pemburu, posisi mata mereka berada di depan. Kedua matanya memiliki bidang pandang yang sama. Namun, karena jaraknya yang berjauhan, terdapat variasi posisi pengamatan (paralaks) yang digunakan oleh otak guna memperoleh informasi tentang objek yang dilihat.

Video Terkait