Serba-serbi Mitos Tokek, dari Penghalau Bala hingga Mendatangkan Rezeki

Ilustrasi Tokek (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 4 Maret 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Tokek bisa ditemui di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan juga di Kepulauan Natuna. Di sebagian wilayah Asia, khususnya yang dekat dengan Khatulistiwa, tokek juga bisa ditemui di rumah-rumah penduduk, di kebun, atau di hutan.

Keberadaannya saat ini sering diburu untuk dijadikan obat herbal. Meski begitu, konon ada beberapa mitos yang beredar jika keberadaan tokek di dalam rumah bisa mendatangkan rezeki atau keberuntungan bagi si pemilik rumah loh. Meski begitu ada juga sebagian yang menganggap jika suara tokek menandakan adanya mahluk halus.

Suara tokek sangatlah khas. Nama tokek sendiri sebenarnya disematkan pada hewan sejenis kadal yang juga bisa ditemukan di kebun atau hutan. Nah, omong-omong, ada mitos yang menyebut jumlah suara tokek bisa menjadi pertanda tertentu, Millens.

Nama sendiri diambil dari suaranya yang khas. Sebenarnya hewan berjenis kadal ini juga bisa kita temukan di daerah perkebunan atau hutan.

Nah, membahas soal mitos diatas tadi, selain keberadaannya, ternyata juga ada mitos yang mengatakan jika jumlah dari suara tokek bisa menandakan sesuatu loh. Wah, jadi banyak sekali ya mitos soal tokek.

Memang, banyak masyarakat Indonesia yang masih percaya akan mitos-mitos tersebut. Uniknya, mereka yang mempercayai soal jumlah suara tokek akan menghitung seberapa banyak jumlah suara yang dikeluarkan oleh tokek.

Percaya atau tidak percaya jumlah tersebut diyakini bisa menandakan sesuatu. Dalam budaya Jawa, hitungan suara tokek ini dikenal sebagai “laba bhukti” yang artinya adalah keberuntungan. Hitungan bunyi tokek sekali, lima kali, tujuh kali, dan 10 kali juga dianggap sebagai tanda kebaikan. Namun hal ini tidak bisa kamu lakukan jika tokeknya berada di luar rumah ya.

Baca Juga: Serba-serbi Mitos Tokek, dari Penghalau Bala hingga Mendatangkan Rezeki
Fakta Unik Platipus, Hewan yang Miliki Perpaduan Berang-berang dan Bebek

Menariknya, keberadaan suara tokek yang keras dan dekat juga dianggap sebagai tanda bahwa mahluk halus jauh dari rumah. Sebaliknya, kalau ada suara tokek yang terdengar jauh seperti di pepohonan di sekitar rumah, kabarnya ada mahluk halus di dalam rumah. Serem juga ya Sobat Agri.

Mitos lainnya soal suara tokek adalah dapat menghalau musibah atau guna-guna yang dikirim oleh orang lain. Usut punya usut, jika suara tokek semakin kencang, katanya semakin kuat juga tokek melawannya.