Hati-hati! Peneliti Temukan Bukti Rusa Ekor Putih Bisa Tularkan Virus Corona ke Manusia

Rusa Ekor Putih. (washingtonexaminer.com)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 2 Maret 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Para peneliti Kanada menemukan bukti baru yang menunjukkan bahwa rusa berekor putih kemungkinan besar dapat menularkan virus corona ke manusia. Virus corona yang menular tersebut adalah varian baru dan "garis keturunan yang sangat berbeda" dari varian sebelumnya. 

Temuan ini dihasilkan dari kolaborasi penelitian multidisiplin untuk pengawasan SARS-CoV-2 di satwa liar Kanada. "Bersama-sama, temuan kami mewakili bukti pertama dari garis keturunan SARS-CoV-2 yang sangat berbeda pada rusa berekor putih dan penularan dari rusa ke manusia," tulis studi yang diterbitkan di BioRxiv, seperti dikutip dari washingtonexaminer.com.

Para peneliti menjelaskan bahwa garis keturunan virus baru ini memiliki 76 mutasi konsensus, termasuk 37 mutasi yang sebelumnya terkait dengan inang hewan, 23 di antaranya sebelumnya tidak dilaporkan pada rusa. Ada juga tanda mutasi adaptasi inang dalam seleksi netral. Analisis filogenetik mengungkapkan kasus covid pada manusia yang terkait secara epidemiologis dari wilayah geografis dan periode pengambilan sampel yang sama.

Rusa berekor putih di negara bagian New York, AS sebelumnya ditemukan telah terinfeksi Virus Corona Varian Omicron. Sementara ada rusa berekor putih yang ada di provinsi-provinsi tengah Kanada dilaporkan telah terinfeksi COVID-19.

Sebuah laporan menyebutkan, rusa Kanada yang terinfeksi ditemukan setelah tim peneliti mengambil sampel ratusan rusa dari Ontario sepanjang musim berburu 2021. Virus tersebut ditemukan melalui uji usap hidung dan jaringan dari kelenjar getah bening retropharyngeal rusa.

Secara keseluruhan, RNA SARS-CoV-2 terdeteksi pada 21 sampel yang mewakili 6% dari (rusa berekor putih) yang diperoleh para pemburu yang termasuk dalam penelitian ini. Semua hewan yang positif covid adalah rusa dewasa dari barat daya Ontario dan mayoritas (65%) adalah rusa betina.

Baca Juga: Hati-hati! Peneliti Temukan Bukti Rusa Ekor Putih Bisa Tularkan Virus Corona ke Manusia
Gawat! Hamster Bisa Menularkan COVID-19 Varian Delta ke Manusia



Menariknya, menurut Finlay Maguire, salah satu penulis penelitian dan asisten profesor di Universitas Dalhousie, kerabat terdekat (virus corona) pada rusa Ontario adalah sampel virus pada manusia dan cerpelai yang diturunkan dari Michigan pada 2020. 

Selain itu, tim peneliti juga mengidentifikasi satu kasus Covid pada manusia yang sangat mirip dengan sampel kasus Covid pada rusa yang mereka miliki, dan berasal dari kerangka waktu dan wilayah yang sama dari rusa yang menjadi sampel penelitian.  Peluang penularan Virus Corona dari rusa ke manusia ini memperkuat potensi rusa berekor putih sebagai reservoir alami virus tersebut selain kelelawar.

Video Terkait