4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Pakan Kelinci

Ilustrasi kelinci makan (Foto: Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 27 Februari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Kelinci adalah salah satu hewan jinak yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Mukanya yang lucu ditambah lagi dengan tingkahnya yang menggemaskan lompat kesana kemari, membuat yang memelihara merasa terhibur.

Jika ingin memeliharanya, selain mengetahui jenis-jenis makanan yang tepat, Sobat Agri juga harus paham mengenai tata cara pemberian makan kelinci yang benar. Sebab jika terjadi kesalahan dalam memberi makan dan minum, bisa menyebabkan stres pada kelinci.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin memberi makan kelinci.

1. Mengatur jadwal makan kelinci


Sama halnya dengan manusia, ia juga membutuhkan jadwal makan yang teratur. Pada dasarnya secara alamiah, kelinci termasuk hewan nokturnal yang aktif pada malam hari, sehingga ia harus diberi makan dengan porsi yang banyak ketika malam. Namun pemberiaan porsi yang besar ini tidak diberikan dalam satu kali waktu, sebab kelinci sendiri memiliki kebiasaan makan yang sedikit.

2. Menyediakan wadah khusus

Sediakan wadah khusus untuk menampung makanan dan minuman untuk kelinci. Sobat Agri juga bisa menggunakan wadah berupa mangkok plastik yang diikat ke kandangnya. Pengikatan ini perlu dilakukan tujuannya adalah agar makanan kelinci tidak tumpah dan berantakan ke mana-mana.

Untuk jenis makanan rumput kering kamu bisa menyediakan wadah yang besar sehingga kandang dapat tetap bersih. Sementara untuk wadah minuman, Sobat Agri bisa menggunakan botol minum yang memiliki ujung berupa dot atau corong seperti pipa. Dengan menggunakan wadah ini, porsi minumnya dapat dikontrol dan tidak menyebabkan perut si kelinci kembung.

3. Mengidentifikasi jenis pakan

Perlu diingat, ketika memberikan makan, Sobat Agri harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kelinci peliharaan, agar ia dapat tumbuh dengan sehat. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis pakan dengan usia kelinci yang dipelihara.

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Pakan Kelinci
Perawatan Kelinci Anggora, agar Tumbuh Sehat dan Tidak Cepat Mati

Contoh, untuk kelinci usia 0 sampai 2 bulan, berikanlah sayuran dengan porsi yang sedikit. Pilihlah rumput yang layu atau sejenis pelet agar kelinci tidak mengalami masalah pencernaan.

4. Memberi porsi minum yang cukup

Kelinci merupakan hewan yang tergolong mudah dehidrasi. Meski telah memakan rumput yang basah, mereka tetap membutuhkan cairan. Oleh karena itu sediakanlah selalu air bersih yang diisi di dalam botol khusus untuk kelinci. Jangan biarkan wadah air kelinci dalam kondisi habis, sebab kelinci akan mencari sumber air lain yang lain yang tidak jelas faktor kebersihannya.

Video Terkait