Prosesi Pemakaman Lutung di Negara Ini Begitu Akbar, Diyakini sebagai Perwujudan Dewa Hanuman

Lutung dipercaya sebagai perwujudan hanuman. (India.com)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 Februari 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Di banyak bagian India, monyet dipuja karena diyakini sebagai perwujudan dewa Hanuman yang membantu tuan Rama menyerang Lanka. Kematian seekor monyet dianggap tidak menguntungkan di pedalaman pedesaan Uttar Pradesh.

Jadi, ketika seekor lutung mati di sebuah distrik UP, penduduk setempat mengucapkan selamat tinggal pada hewan tersebut dengan melakukan upacara terakhir yang bermartabat.

Menurut laporan IANS, seekor lutung mati di daerah Phaphund di distrik Aurraiya akibat tersengat kabel listrik. Penduduk setempat kemudian mengatur prosesi pemakaman dengan band yang hadir dan melakukan ritual terakhirnya sesuai tradisi Hindu.

Mereka melantunkan himne dan berjalan di belakang gerobak tempat 'lutung' itu dibawa ke pinggiran kota untuk upacara terakhirnya.

Sebelumnya, penduduk setempat memandikan mayat 'lutung' yang dibungkus dengan kain kafan warna kuning, kemudian ada karangan bunga ditempatkan di sekitarnya sesuai ritual Hindu.

Kemudian, prosesi pemakaman dibawa dengan kereta dan di seluruh rute orang-orang menghujani kelopak bunga di tengah lagu-lagu sedih yang dimainkan oleh anggota band. Monyet itu kemudian dikubur sesuai ritual.

Baca Juga: Prosesi Pemakaman Lutung di Negara Ini Begitu Akbar, Diyakini sebagai Perwujudan Dewa Hanuman
Apakah Hewan Paham Tentang Kematian? Begini Penjelasannya

Ini bukan yang pertama ritual sebagai penghormatan kepada hewan, dalam insiden serupa tahun lalu, penduduk desa Ganeshganj di Madhya Pradesh mengadakan prosesi pemakaman dengan 'band-baaja' untuk banteng kesayangan mereka, yang dikenal sebagai Nandi Baba.

Setelah kematiannya, tubuh banteng itu dibungkus dengan bunga dan karangan bunga serta prosesi pemakaman dibawa keluar, sehingga desa bisa mengucapkan selamat tinggal terakhir padanya. Traktor tempat dia disimpan juga dihiasi dengan bunga, dan berkeliling ke seluruh desa.