Cara Mudah Usaha Ternak Kambing Boer bagi Pemula

Peternak kambing Boer.(Sariagri/Akbarda Winardi)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Secara fisik, kambing boer memiliki tubuh putih dan kepala coklat yang khas. Mereka juga memiliki telinga panjang dan terjumbai. Dalam dunia peternakan, hewan ini juga terkenal jinak, memiliki pertumbuhan yang cepat, dan tingkat kesuburan yang tinggi.

Di pasaran ia memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk anakannya saja bisa dijual dengan harga paling tinggi 1 juta, indukan sekitar 1,5 juta dan kambing boer dewasa bisa mencapai 10 juta.

Tak heran jika hewan ini menjadi salah satu hewan ternak yang memiliki potensi bisnis menjanjikan.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan dalam memulai usaha ternak kambing boer.

 

1. Persiapan Lahan Pakan

Hal penting yang harus dilakukan saat ingin menjalankan usaha budidaya kambing boer, adalah menyiapkan lahan pakan yaitu berupa rumput dan dedaunan. Ini menjadi hal yang krusial jika diabaikan.

Ketersediaan pakan bagi kambing boer harus diperhatikan, agar keberhasilan bisnis ternak ini dapat tercapai. Oleh karena itu, langkah pertama sebelum memulai usaha ternak, sediakan lahan pakan terlebih dahulu.

2. Penyediakan Kandang

Langkah kedua setelah lahan pakan sudah tersedia, yaitu menyediakan tempat atau kandang dan lokasi ternak. Sediakan kandang untuk kambing boer, dengan menggunakan material yang baik dan tahan lama seperti baja ringan.

3. Lokasi Peternakan

Lalu selanjutnya adalah memilik lokasi peternakan. Sebaiknya pilih lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warna, namun masih bisa mendapat akses transportasi untuk ke lokasi ternak.

4. Pemilihan Bibit Unggul

Persoalan memilih bibit unggul tentu menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha ternak. Sebab dengan memilih bibit yang unggul, maka pertumbuhan ternak kambing boer yang dipelihara akan lebih cepat dan dapat menghasilkan untung banyak.

5. Pemeliharaan

Selanjutnya adalah soal pemeliharaan. Hal ini juga menjadi faktor eksternal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya pemeliharaan ini memegang peranan penting bahkan mencapai 70% terhadap kesuksesan usaha yang dilakukan.

Pemeliharaan ini meliputi pemberian pakan yang bernutrisi, pemberian vaksin dan juga perkawinan hewan ternak.

6. Pengobatan

Kesehatan hewan ternak tidak boleh luput dari pengawasan. Segera lakukan pengobatan jika melihat kambing boer menunjukkan gejala sakit, seperti terlihat lesu dan sakit.

Baca Juga: Cara Mudah Usaha Ternak Kambing Boer bagi Pemula
Fakta Kambing Boer, Kambing Pedaging Asal Afrika yang Jadi Primadona

Bentuk pengobatannya dapat menggunakan obat-obatan alami seperti daun pepaya, sambiloto, dan air kelapa.

7. Penjualan

Terakhir adalah mengetahui aspek pasar dan pemasaran kambing Boer. Dalam menjalankan bisnis ternak kambing Boer, kita dianjurkan untuk mempelajari bagaimana pemasaran yang baik dan benar.

Kegiatan pemasaran kambing Boer sendiri bisa dilakukan dengan menjual langsung di pasar hewan, rumah makan, atau dengan menjual secara online, melalui website pribadi, media social, dan market place.

Video Terkait