Benarkah Bunuh Kecoa Tidak Boleh dengan Cara Diinjak? Ini Penjelasannya

Ilustrasi kecoa. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 18 Februari 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Kecoa merupakan serangga yang seringkali membuat penghuni rumah bergidik melihatnya. Serangga yang identik dengan warna nyaris hitam ini sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan.

Kehadiran kecoa juga biasanya ada di kamar mandi. Kebanyakan orang akan membunuhnya supaya hewan tersebut tidak berlarian atau terbang ke arah mereka.

Biasanya, kecoa akan dibunuh dengan cara disemprot, dibalik dan diinjak. Namun, sejumlah informasi memberitahukan soal kecoa yang tidak boleh dibunuh dengan cara diinjak.

Benarkah kecoa sebenarnya tidak boleh diinjak?

Melansir sejumlah sumber, kabar kecoa yang tidak boleh diinjak begitu viral. Banyak kabar menyebutkan ketika kecoa diinjak akan ada cacing halus yang ke luar dari tubuhnya.

Cacing halus tersebut disinyalir akan masuk ke sela-sela kaki dan berbahaya untuk kesehatan. Salah satunya adalah bisa terjadinya infeksi.

Melansir sejumlah sumber, belum pernah ditemukan kasus cacing dari kecoa menginfeksi orang yang menginjaknya. Ketika diinjak, akan keluar isi perut dan kuman berupa bakteri, cacing dan telur cacing yang menempel pada makanan.

Cacing biasanya mengontaminasi makanan. Maka itu, cacing akan masuk ke tubuh melalui makanan dan tidak langsung masuk ke pori-pori.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mencatat penelusuran menemukan fakta bahwa cacing yang ke luar dari kecoa dan masuk ke pori-pori kaki tidak benar.

Dokter Umum Rumah Sakit Onkologi Surabaya, Jagaddhito Probokusumo mengatakan gatal pada kaki tidak disebabkan oleh cacing dari kecoa melainkan parasit cacing pada kulit. Kemungkinan gatal itu terjadi bersamaan dengan menginjak kecoa.

Baca Juga: Benarkah Bunuh Kecoa Tidak Boleh dengan Cara Diinjak? Ini Penjelasannya
Dilirik Dunia, Peternakan Serangga Bisa Jadi Peluang Cuan Masa Depan

Cacing akan masuk ke kulit karena seseorang jarang pakai alas kaki.

Kecoa memang bisa terinfeksi cacing parasit. Cacing itu biasa disebut horsehair worm alias cacing rambut kuda. Namun cacing tersebut tidak menyerang manusia.

Adapun cara alami ketika ingin mengusir kecoa adalah dengan menyemprotkan asam borat, letakkan irisan timun di lubang serangga tempat biasa kecoa muncul, taburkan daun salam yang sudah dihancurkan menjadi bubuk di area banyak kecoa, kulit lemon dan rajin membersihkan rumah.

Video Terkait