Apa Benar Urin Kelinci Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman? Simak Penjelasannya!

Ilustrasi kelinci (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 18 Februari 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Hewan kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak di temui di rumah-rumah. Selain sebagai peliharaan, hewan menggemaskan ini juga kerap dijadikan sebagai hewan ternak.

Ada yang memanfaatkan dagingnya untuk di olah sebagai menu makanan, dan ada juga yang mengumpulkan urin atau air kencingnya sebagai pupuk. Fakta ini memang belum banyak yang mengetahui.

Padahal sebenarnya kandungan air kencing atau urin kelinci ini memang bisa dijadikan sebagai pupuk alami berupa pestisida hayati yang mampu menyuburkan tanaman hias.

Dikutip dari berbagi sumber, berikut fakta mengenai air kencing atau urin kelinci untuk pupuk tanaman.

Sobat Agri apakah kamu tahu, bahwa di dalam air kencing kelinci memiliki kandungan kadar nitrogen yang tinggi. Kandungan tersebut ternyata sangat bermanfaat karena mampu memberikan suplai nitrogen yang cukup tinggi pada tanaman.

Pada dasarnya hampir sama seperti hewan pemakan rumput lainnya, tapi kadar nitrogen air kencing kelinci jumlahnya paling tinggi.

Kotoran dan urine kelinci memiliki kandungan unsur N, P, K yang lebih tinggi (2.72%, 1.1%, dan 0,5%) dibandingkan dengan urine ternak lain seperti kuda, kerbau, sapi, domba, babi dan ayam.

Hal ini dikarenakan kelinci adalah hewan yang jarang minum atau dengan kata lain, mereka hanya sekedar mengkonsumsi hijauan saja.

Bahkan penggunaan air kencing kelinci yang di campur dengan kotorannya, membuat kandungannya menjadi lebih bagus dan optimal untuk di jadikan pupuk tanaman.

Baca Juga: Apa Benar Urin Kelinci Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman? Simak Penjelasannya!
Perawatan Kelinci Anggora, agar Tumbuh Sehat dan Tidak Cepat Mati

Selain digunakan terpisah, penggunaan air kencing kelinci juga bisa di campur dengan pupuk lainnya yang jenisnya berguna untuk menghijaukan tanaman.

Itu dia alasan mengapa air kencing kelinci sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman. Bagaimana Sobat Agri, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Video Terkait