Berusia 190 Tahun, Kura-kura Tertua di Dunia Ini Hadir Sebelum Adanya Menara Eifel

Kura-kura tertua di dunia. (Good News Network)

Editor: Dera - Rabu, 16 Februari 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Seekor kura-kura raksasa baru-baru ini dinobatkan oleh Guinness Book of World Records sebagai hewan darat tertua yang masih hidup. Kura-kura kepulauan Seychelles bernama Jonathan tersebut bahkan telah mencapai usia 190 tahun.

Disebutkan, Jonathan tinggal di pulau St. Helena bersama kura-kura raksasa lainnya. Ia dibawa ke pulau tersebut sebagai hadiah untuk gubernur Sir William Grey-Wilson pada tahun 1882.

Kura-kura itu sendiri diperkirakan lahir pada tahun 1832, sehingga saat tiba di pulau itu ia diyakini berusia setidaknya 50 tahun. Pihak Guinness mengatakan, kemungkinan besar, dia sudah hidup selama lebih dari dua abad.

Melansir Good News Network, kura-kura iru sudah ada selama dua perang dunia, penemuan kereta api dan mobil, bahkan sebelum adanya telepon dan Menara Eiffel.

Seekor kura-kura raksasa Aldabara bernama Adwaita, yang dipersembahkan kepada British East India Company, diperkirakan berusia 255 tahun ketika dia mati di kebun binatang Calcutta.

Namun Jonathan, meski berusia hampir dua abad, dia masih makan dan kawin, meskipun dia membutuhkan sedikit bantuan dari pengasuhnya.

“Bagian Kedokteran Hewan masih memberinya makan dengan tangan seminggu sekali untuk meningkatkan kalori, vitamin, mineral dan elemen, karena dia buta dan tidak memiliki indera penciuman,” menurut pernyataan dari Rumah Perkebunan, kediaman gubernur.

"Namun, pendengarannya sangat baik dan dia menyukai kebersamaan dengan manusia, dan merespons dengan baik suara dokter hewan Joe Hollins, saat dia mengaitkannya dengan pesta," jelas mereka.

Baca Juga: Berusia 190 Tahun, Kura-kura Tertua di Dunia Ini Hadir Sebelum Adanya Menara Eifel
7 Fakta Menarik tentang Kucing yang Wajib Diketahui Cat Lovers

"Jonathan adalah simbol kegigihan, daya tahan, dan kelangsungan hidup dan telah mencapai status ikonik di pulau itu," ujar Dokter Hewan Joe Hollins.

Di kepulauan Seychelles, program konservasi Nature Protection Trust of Seychelles telah menghasilkan generasi baru kura-kura raksasa asli yang terancam punah, sejauh ini memelihara 160 remaja, dan memperkenalkan mereka ke alam liar.

Video Terkait