Pertarungan Sengit 'Sang Predator' Jaguar Melawan Buaya, Warganet: Kucing Terkuat di Bumi

Jaguar memangsa Buaya di air. (FiveZero Safaris)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 10 Februari 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Pertarungan sengit antar dua predator diabadikan oleh ahli biologi satwa liar dari New York, Abigail Martin. Dalam rekaman, seekor jaguar melancarkan serangan ganas pada buaya jenis caiman yang muncul dari air.

Rekaman itu diambil di wilayah Pantanal utara Brasil, menunjukkan sang pemangsa jaguar memegang caiman di bawah air. Pergumulan terjadi saat jaguar menancapkan giginya ke tenggorokan reptil dan mencoba mengamankan cengkeramannya. Jaguar kemudian menyeret buaya yang tampak meronta-ronta ke tepi sungai, sebelum menariknya ke semak-semak.

Melansir Daily Mail, rekaman itu difilmkan Abigail pada Agustus 2021 lalu. Dia adalah seseorang yang mendirikan proyek Identifikasi Jaguar, sebuah organisasi nirlaba yang membangun database tentang jaguar di Pantanal Utara pada 2013.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, organisasi itu menulis, "Hari ini kami menyaksikan pembunuhan epik oleh Raja Rimba! Lihat bagaimana dia menyesuaikan cengkeramannya dalam sepersekian detik yang memungkinkan dia menarik caiman ke tepian untuk melakukan pembunuhan terakhir!,"tulisnya.

Setelah adegan tersebut, salah satu penonton berkomentar, "Kucing terhebat di planet bumi".

"Jaguar yang perkasa," kata penonton lain.

"Saya ingin bertarung seperti jaguar dalam hidup saya untuk mencapai tujuan saya," tambah warganet yang menyaksikan di media sosial.

Proyek identifikasi Jaguar memperkirakan ada 4.000-7.000 jaguar di wilayah Pantanal utara, dan berharap basis datanya akan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang perilaku mereka.

Baca Juga: Pertarungan Sengit 'Sang Predator' Jaguar Melawan Buaya, Warganet: Kucing Terkuat di Bumi
Heboh! Diduga TKA China Bunuh dan Kuliti Buaya di Konawe, Terancam Penjara 5 Tahun

Jaguar adalah kucing terbesar ketiga di dunia setelah harimau dan singa. Panjang seekor jaguar bisa mencapai 5,5 kaki (170 cm). Tidak seperti banyak kucing domestik, jaguar adalah perenang handal dan sering tinggal di dekat sungai, danau, dan lahan basah.

Mereka sering membunuh mangsanya dengan menancapkan giginya ke dalam tengkorak atau leher. Kata jaguar berasal dari Tupi Amerika Selatan dan kata Guarani 'yaguar' dan berarti 'dia yang membunuh dengan satu lompatan'.

Video Terkait