Kawanan Kalkun di Peternakan AS Terinfeksi Virus Flu Burung

Ilustrasi kalkun (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 10 Februari 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Amerika Serikat mengkonfirmasi adanya infeksi virus flu burung yang sangat menular dalam kawanan kalkun komersial di Dubois County, Negara Bagian Indiana. Layanan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tumbuhan (HPAI), Departemen Pertanian AS mengatakan kasus flu burung tersebut menjadi pertama yang terkonfirmasi pada unggas komersial sejak tahun 2020.

Melansir Agdaily, sampel dari kawanan kalkun yang terinfeksi flu burung telah diuji di Laboratorium Diagnostik Penyakit Hewan Indiana, di Purdue University dan hasilnya dikonfirmasi di Laboratorium Layanan Hewan Nasional APHIS di Ames, Iowa. Saat ini isolasi virus flu burung itu tengah berlangsung.

Para pejabat negara mengkarantina tempat yang terdampak wabah flu burung, dan kawanan kalkun di peternakan itu telah dikosongkan untuk mencegah penyebaran penyakit. Para pejabat menegaskan bahwa kalkun dari kawanan tersebut tidak akan masuk ke dalam sistem makanan di AS.

Selain itu, sebagai rencana respon flu burung yang terjadi, mitra federal dan negara bagian di AS bekerja sama dalam hal pengawasan dan pengujian tambahan di wilayah terdekat dari lokasi virus ditemukan.

Mereka mengimbau kepada siapapun yang terlibat dengan produksi unggas, meski hanya skala kecil di halaman belakang hingga produsen skala komersial harus meninjau ulang biosekuriti mereka terhadap kesehatan unggas.

Di samping mempraktikan biosekuriti yang baik, kata USDA, semua pemilik unggas harus mencegah kontak antara unggas mereka dengan unggas liar dan segera melapor apabila ada unggas yang sakit atau mati secara tidak biasa.

USDA sendiri juga akan melaporkan temuan flu burung pada kawanan kalkun komersial ini kepada Organisasi Kesehatan Hewan Dunia serta mitra dagang internasional AS. Pedoman perdagangan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia juga meminta setiap negara untuk mendasarkan pembatasan perdagangan pada ilmu pengetahuan yang baik.

Baca Juga: Kawanan Kalkun di Peternakan AS Terinfeksi Virus Flu Burung
Mengintip Potensi Gurihnya Usaha Ternak Ayam Kalkun



Flu burung disebabkan oleh virus influenza tipe A yang dapat menginfeksi unggas (seperti ayam, kalkun, burung pegar, puyuh, itik domestik, angsa, dan ayam mutiara) dan dibawa oleh unggas air yang terbang bebas seperti bebek, angsa, dan burung pantai.

Menurut HPAI, flu burung tidak menimbulkan masalah kesehatan manusia secara langsung. Meski tidak ada kasus virus flu burung pada manusia yang terdeteksi di AS, HPAI mengingatkan masyarakat agar mengolah daging unggas dengan benar. Daging unggas dan telur harus dimasak dengan tepat pada suhu minimal 73 derajat celcius untuk membunuh bakteri dan virus.

Video terkini:

Video Terkait