Cegah Penurunan Harga Daging Babi, Ini Rencana Cina

Ilustrasi daging babi. (Foto Pixabay)

Editor: M Kautsar - Rabu, 9 Februari 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Lembaga perencana ekonomi utama Cina mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menimbun daging babi untuk cadangan negara, sebagaimana diberitakan Xinhua. Indeks yang memantau harga daging pokok negara itu telah memicu peringatan level kedua.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Cina menyebut indeks rata-rata nasional harga daging babi terhadap harga biji-bijian berada di angka 5,57 banding 1 antara 24 dan 28 Januari.

Angka itu tetap berada di kisaran peringatan tingkat kedua untuk penurunan berlebihan selama tiga minggu berturut-turut.

Guna menstabilkan pasar daging babi, Cina telah memperkenalkan sistem peringatan dini tiga tingkat untuk meningkatkan alarm terkait kenaikan dan penurunan harga daging babi yang berlebihan.

Baca Juga: Cegah Penurunan Harga Daging Babi, Ini Rencana Cina
Bukan COVID-19! Amerika Serikat Terancam 'Kiamat Babi', Ternyata Ini Penyebabnya

Komisi itu mengatakan akan bekerja sama dengan otoritas terkait untuk mulai membeli daging babi sebagai cadangan negara bila diperlukan dan membimbing pemerintah daerah untuk mulai menimbun daging babi. 

Pada Selasa (8/02), rata-rata indeks harga daging babi di 16 wilayah tingkat provinsi yang dilacak oleh Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Cina adalah 21,88 yuan (sekitar Rp49.330) per kilogram, turun 2,2 persen dari hari sebelumnya.

Video terkini:

Video Terkait