Makan Jamur Beracun, Tupai Jepang Ini Tak Merasakan Efek Samping

Ilustrasi tupai jepang. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 7 Februari 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Tupai biasanya dikenal sebagai hewan pemakan kelapa atau buah-buahan. Namun, penelitian yang dilakukan seorang ilmuwan Jepang menemukan bahwa tupia Jepang (Sciurus lis) mampu memakan jamur beracun tanpa efek negatif apapun.

Penemuan ini merupakan fenomena yang menarik, karena secara umum diyakini bahwa racun jamur berevolusi untuk mencegah hewan memakan jamur tersebut.

Baca Juga: Makan Jamur Beracun, Tupai Jepang Ini Tak Merasakan Efek Samping
Ribuan Bayi Burung di Pulau Ini Habis Dimakan Kelabang Raksasa



Associate Professor Suetsugu Kenji dari Universitas Kobe dan fotografer independen Gomi Koichi telah mengamati tupai Jepang itu secara rutin memakan spesies jamur jamur payung yang terkenal sangat beracun, termasuk agaric lalat (Amanita muscaria) dan topi panther (Amanita pantherina), di prefektur Nagano, Jepang, demikian dikutip dari phys.org.

Tupai yang sama itu kembali beberapa hari kemudian untuk terus memakan jamur topi panther, sehingga mereka menyimpulkan bahwa bahwa tupai itu memang dapat mengkonsumsi jamur beracun dengan aman tanpa efek buruk apapun.

Penemuan ini menunjukkan bahwa tupai telah beradaptasi untuk memakan jamur Amanita dengan aman. Di sisi lain, spesies jamur Amanita juga mendapat manfaat karena tupai dapat menyebarkan spora mereka melalui kotoran tupai. Jika spora dapat bertahan dimakan dan dikeluarkan, ini menunjukkan bahwa hewan dapat memfasilitasi penyebaran jamur.
 
Namun untuk memastikan hal ini Associate Professor Suetsugu akan melakukan penelitian lanjutan apakah tupai bertindak sebagai pembawa atau penyebar spesies jamur beracun dengan menyelidiki apakah spora hidup dapat ditemukan di kotoran tupai.

Video Terkait