Gawat! Hamster Bisa Menularkan COVID-19 Varian Delta ke Manusia

Ilustrasi hamster. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 31 Januari 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Hamster ternyata dapat tertular dan menularkannya kembali virus COVID-19 varian Delta ke manusia. Sejauh ini, hewan berbulu ini merupakan hewan kedua setelah cerpelai yang dapat menularkan kembali virus Corona ke manusia.

Hasil penelitian dari ilmuwan Universitas Hongkong ini diterbitkan di The Lancet dalam edisi pra-cetak dan menunggu tinjauan sejawat, demikian dikutip dari jpost.com.

"Hamster peliharaan dapat terinfeksi secara alami dalam pengaturan "kehidupan nyata". Virus dapat bersirkulasi di dalam tubuh hamster dan menyebabkan infeksi pada manusia. Baik hasil genetik dan epidemiologis sangat menyarankan bahwa ada dua penularan hamster-ke-manusia yang independen dan bahwa peristiwa semacam itu dapat mengarah pada penularan manusia selanjutnya. Impor hamster yang terinfeksi adalah sumber infeksi virus yang paling mungkin," demikian abstraksi  penelitian tersebut.

Penelitian itu menjelaskan bahwa penularan covid-19 varian Delta dari hamster ke manusia pertama kali ditemukan pada 15 Januari 2022 di Hong Kong. Hamster tersebut diimpor dari Belanda. Namun, sebelum ini, Hong Kong telah memerintahkan pemusnahan ribuan hamster di toko hewan peliharaan, terutama yang dibeli pada atau setelah 22 Desember 2021.


Bahaya COVID-19, Varian dan Penularan Zoonosis

Penyebaran virus corona dari manusia ke hewan sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya, beberapa jenis hewan telah dilaporkan tertular virus tersebut termasuk kucing, anjing, berang-berang, cerpelai, tikus, rusa, gorila, musang dan babi.

Namun hewan-hewan yang tertular itu tidak menunjukkkan gejala sakit yang berat dan mengalami pemulihan atau sembuh dalam waktu relatif cepat, dan yang terpenting mereka tidak menularkan kembali virus corona ke manusia.

Karenanya, jika temuan para peneliti dari Universitas Hongkong ini akurat, dan hamster memang dapat menularkan COVID-19 ke manusia, hal tersebut bisa menjadi perhatian serius, karena mereka akan menjadi vektor lain untuk menyebarkan virus ke seluruh dunia.

Baca Juga: Gawat! Hamster Bisa Menularkan COVID-19 Varian Delta ke Manusia
Hati-hati! Ilmuwan Peringatkan Penyebaran Virus Corona dari Manusia ke Hewan Ternak Bisa Terjadi



Sampai saat ini, satu-satunya hewan lain yang diketahui menularkan SARS-CoV-2 kembali ke manusia adalah cerpelai, yang mengakibatkan pemusnahan massal peternakan cerpelai di seluruh dunia, terutama di Denmark.

Video Terkait