Jenis Pakan Kelinci yang Menyehatkan, Bukan Hanya Sayur Saja Lho!

Hewan kelinci.(Sariagri/Arief L)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Siapa yang tidak mengenal kelinci? Hewan berbulu ini memiliki muka yang lucu dan menggemaskan. Ia juga sangat jinak sehingga sangat aman untuk dipelihara, terutama bagi anak-anak.

Merawat kelinci sebenarnya tidaklah sulit. Selain faktor kandang, ada faktor utama yang harus diperhatikan, yaitu pemberian pakan. Pemberian pakan ini tidak boleh sembarangan. Agar tumbuh sehat dan kuat, kelinci harus diberi pakan yang memiliki nutrisi tinggi.

Ada banyak jenis pakan yang digemarinya, diantara adalah :

1. Rumput

Makanan ini adalah makanan kelinci yang paling utama. Beberapa jenis rumput yang bisa digunakan adalah rumput teki, rumput gajah, atau hay. Hay ini merupakan jerami atau rumput alfafa atau timothy yang sudah dikeringkan. Jika tidak mau repot, kamu bisa mendapatkan rumput kering di pet shop terdekat. Untuk rumput yang sudah dikeringkan, kamu bisa mendapatkannya di pet shop.

2. Wortel

Makanan yang paling terkenal sebagai pakan kelinci adalah wortel. Sayuran ini kaya akan vtamin A yang dibutuhkan oleh seekor kelinci. Selain itu, wortel yang masih muda juga mampu meningkatkan nafsu makan kelinci.

3. Selada

Jenis pakan selanjutnya adalah selada. Bukan hanya manusia saja yang menyukainya melainkan juga sangat disukai kelinci. Sayuran in mengandung mineral dan vitamin yang tinggi, sehingga menjadikan selada sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu pakan hewan berbulu ini.

4. Kangkung

Ada juga sayuran lain bernama kangkung. Sayuran ini bisa jadi alternatif makanan yang bagus untuk menunjang kesehatan kelinci. Beri asupan kangkung seminggu satu kali agar kebutuhan gizinya tercukupi dengan dilengkapi mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya.

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin dan antioksidan yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan kelinci. Kamu bisa memberikan tomat sebagai pakan kelinci setiap hari, dengan aturan 1 kali saat pagi atau sore hari.

6. Brokoli

Ada juga sayur brokoli yang bisa dijadikan pakan kelinci. Hewan ini sangat menggemari sayuran yang memiliki banyak vitamin dan senyawa yang bagus untuk memelihara kesehatannya. Sebut saja ada kandungan glucoraphanin, vitamin A, kalium, vitamin E, magnesium, vitamin B6, vitamin C dan serat yang tinggi.

7. Daun Pepaya dan lobak

Kedua sayuran ini punya manfaat baik untuk kelinci, diantaranya mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium dan fosfor. Sedangkan daun lobak berfungsi untuk memberikan perlindungan anti-body pada kelinci peliharaan kamu.

8. Seledri

Seledri juga kaya nutrisi yang dibutuhkan kelinci untuk menjaga kesehatan kelinci. Kerenyahan batang seledri juga membuat jenis sayuran ini digemari oleh hewan lucu ini.

Baca Juga: Jenis Pakan Kelinci yang Menyehatkan, Bukan Hanya Sayur Saja Lho!
Perawatan Kelinci Anggora, agar Tumbuh Sehat dan Tidak Cepat Mati

9. Pelet khusus kelinci

Tidak hanya burung dan unggas saja yang makan pelet. Pelet juga bisa jadi pakan kelinci yang sangat menyehatkan. Pelet mengandung gizi dan nutrisi lengkap untuk membantu penyembuhan dan meningkatkan berat badan. Namun jangan berlebihan, tetap imbangi dengan pakan alami. Pasalnya, kelebihan pelet dapat mengakibatkan kelinci mencret lalu terkena dehidrasi bahkan sampai menyebabkan kematian.

10. Biji-bijian

Selanjutnya adalah biji-bijian. Pakan ini bisa diberikan untuk kelinci sebagai camilan sehatnya. Ada banyak jenisnya, diantaranya adalah biji bunga matahari, biji jagung, dan biji kacang-kacangan.

Video Terkait