Hati-hati, Ini 5 Serangga yang Bisa Merusak Pakaian

Ilustrasi rayap. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 27 Januari 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Pernahkah kamu menemukan pakaian yang bolong setelah disimpan lama di lemari? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh serangga.

Lemari pakaian yang gelap dan lembab merupakan tempat hewan tersebut bersarang. Beberapa jenis serangga yang tinggal di lemari tak hanya hinggap, namun juga bisa menggerogoti pakaianmu hingga bolong. 

Berikut 5 serangga perusak pakaian, seperti dilansir dari Family Handyman.

1. Kumbang karpet

Kumbang karpet dewasa biasanya hanya hidup selama 20 hingga 60 hari. Namun dalam sekali bereproduksi ia mampu bertelur hingga 100 butir. Telur-telur ini hanya membutuhkan waktu satu atau dua minggu untuk menetas menjadi larva.

Larva inilah yang sering muncul di dalam lemari, sebab ia memakan kain seperti wol, bulu dan juga mohair. Kumbang karpet dewasa memiliki tubuh bulat dan keras dengan sayap di bawah cangkangnya.

2. Ngengat pakaian

Larva ngengat pakaian berpenampilan lebih mirip cacing yang berselimut. Namun ngengat ini bisa merusak pakaian hingga karpet di rumah. Serangga ini mampu membuat pakaian berlubang.

Ngengat dewasa berwarna abu-abu keperakan cokelat pucat dengan bintik-bintik gelap dan panjangnya 1/4 inch. Larva menggunakan wol dan serat lainnya untuk membuat wadah portabel untuk melindungi dirinya sendiri.

3. Silverfish atau Gegat

Hewan yang satu ini memiliki sayap dengan panjang sekitar 1/4 sampai 1/2 inchi dan memiliki tubuh berwarna perak. Waltham Pest Services pernah mencatat bahwa gegat memakan pakaian bukan karena bahannya, tetapi karena zat bergizi yang sering ditemukan di kain.

Gegat memiliki mulut kecil yang sering membuat pakaian di lemari menjadi bolong dan meninggalkan noda kekuningan. Serangga ini juga sering ditemui di buku tua dan membuat noda.

4. Jangkrik

Serangga ini mungkin sering ditemui di luar rumah, namun jika musim tertentu jangkrik masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan. Menurut Traffic Pest Solutions, hewan ini sangat menyukai serat alami maupun sintetis untuk dikunyah seperti karpet, pakaian linen maupun gorden. Selain itu, mereka juga tertarik pada kain yang terkontaminasi makanan, keringat atau lemak.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Serangga yang Bisa Merusak Pakaian
Spotted Lanternfly, Si Cantik yang Jadi Musuh Petani Anggur

5. Rayap

Serangga yang satu ini sudah tidak asing lagi di rumah. Rayap sering merusak kayu, kertas maupun pakaian. Apalagi jika sudah ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Menurut ABC Home and Commercial Services, rayap sangat tertarik dengan aroma tumpahan makanan dan juga bau lemak tubuh yang melekat di pakaian. Hewan ini juga bisa menyebabkan kerusakan besar karena ia bisa memakan seluruh isi lemari mu.

Video Terkait