Ini 6 Tips Ampuh Perkenalkan Kucing dengan Anjing Peliharaan, Dijamin Gak Berantem

Ilustrasi anjing dan kucing. (Foto: Unsplash)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Januari 2022 | 17:10 WIB

Sariagri - Jika kita lihat di acara televisi terkait kucing dan anjing kenapa terlihat gampang sekali sih akurnya, akan tetapi kenyataanya tidak semanis yang kita bayangkan. Eits,jangan menyerah dulu, ini dia tipsnya untuk bisa menyatukan mereka.

Sebelum lanjut ke tips-tips, alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu problem tingkat paling dasar pada sifat hewan peliharaan kalian. Yaitu salah satu masalah umum yang sering dialami para pemelihara hewan salah satunya adalah memperkenalkan peliharaan baru ke hewan peliharaan lama.

Apalagi pemilik anjing dan kucing tentunya. Kondisi yang apik demi perkenalkan anjing dan kucing adalah dengan memberikan waktu yang lebih santai (jangan terlalu dipaksakan mereka untuk saling mengenali satu sama lain).

Nah, sebelum memperkenalkan hewan peliharaan kalian ke hewan peliharaan lama, kalian juga perlu mengetahui beberapa sifat hewan peliharaan kalian dirumah. Karena kebanyakan sifat anjing adalah teritorial, maka ada baiknya kalian melatihnya terlebih dahulu dengan beberapa perintah-perintah kecil sebagai dasar untuk komunikasi dengan hewan peliharaan kalian.

Apabila hal tersebut sudah kalian capai, untuk memperkenalkan kucing dengan anjing peliharaan kalian akan jauh lebih mudah pastinya.

Berikut Tips untuk Perkenalkan Kucing ke Anjing:

1. Timing

Pertama kali jika kalian membawa kucing untuk diperkenalkan dengan peliharaan baru, jangan terburu-buru untuk langsung menyatukan mereka dalam satu medan tinggalnya. Kenalkan hewan baru kalian dengan lingkungan tempat tinggal yang baru.

Salah satu paling mudah adalah memperkenalkan dengan aroma atau bau keberadaan kalian tinggal ( termasuk benda-benda sekitar ) lakukanlah hal ini berlangsung kurang lebih selama satu minggu.

2. Setting

Di sini kalian memulai lakukan tahap bertatap muka antara peliharaan baru dengan peliharaan lama. Pastikan juga untuk mengkondisikan lingkungan sekitar lebih tenang, Tidak terlalu berisik dan banyak orang. Dengan begitu hewan peliharaan kalian bisa lebih fokus dengan perintah kalian sebagai alpha.

3. Gunakan Tali Pengaman/Leash

Ketika perkenalan pertama, sebaiknya gunakan tali/leash sebagai pengaman agar lebih mudah untuk mengontrol jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengkondisikan mental hewan peliharaan kalian supaya tidak menjadi momen yang sepenuhnya bermain.

4. Rute Kabur

Terdengar aneh dan lucu sih, namun ternyata rute kabur dalam hal ini ada pentingnya juga sebagai alternatif ketika kondisi yang tidak memungkinkan. Nah, rute kabur dalam hal ini bisa berupa furnitur sebagai tempat sembunyi jika tiba-tiba hewan peliharaan kalian sontak menjadi agresif dan membahayakan.

Baca Juga: Ini 6 Tips Ampuh Perkenalkan Kucing dengan Anjing Peliharaan, Dijamin Gak Berantem
Aksi Gemas, Kucing Nakal Main 'Ciluk Ba' dengan Seekor Anjing yang Lagi Asyik Tidur di Sofa

5. Timbukan Situasi Positif

Dalam hal ini kalian dianjurkan jangan pernah memukul atau bahkan menghukum hewan peliharaan kalian ketika pada sesi perkenalan menimbulkan kesalahan.

6. Ulangi Sesi Perkenalan Jika Diperlukan

Setelah kalian melakukan tips pertama sampai ke tips kelima dirasa cukup sempurna dan tidak mengalami masalah dalam memperkenalkan hewan peliharaan baru ke hewan peliharaan lama. Jangan ragu untuk mengulangi sesi tersebut hingga hasilnya memuaskan dan kedua hewan peliharaan kalian bisa beradaptasi dengan sempurna dan tidak berakhir dengan buruk.

Video Terkait