Sering Meresahkan Warga, Buaya Raksasa Diamankan Menggunakan Pawang

Seekor buaya liar yang terjerat ban sepeda motor menampakkan diri di Sungai Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Januari 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Seekor buaya raksasa sepanjang 4,5 meter ditangkap warga Mamuju Tengah, Sulawesi Barat secara beramai-ramai, pada Minggu (23/1/2022) malam. Buaya muara ini diamankan lantaran sering muncul meneror warga dan anak-anak yang tak jauh dari pemukiman.

Buaya raksasa yang meresahkan warga tersebut ditangkap berkat menggunakan jasa pawang. Para orang tua khawatir buaya yang sering nangkring di pinggir sungai dalam posisi siaga ini dikhawatirkan akan memangsa warga terutama anak-anak. Sejumlah warga mengaku sering kehilangan ternak seperti kambing dan ayam di sekitar muara sungai.

Warga yang resah dengan kemunculan buaya muara itu kemudian meminta bantuan seorang pawang untuk menangkapnya. 

Untuk menangkap buaya yang diperkirakan sudah berumur puluhan tahun ini dibutuhkan pawang dan warga untuk bersabar selama berjam-jam untuk mengamankannya. Agar tak membahayakan keselamatan warga. Buaya ini akhirnya diikat termasuk di bagian mulut agar tidak menerkam warga.

Reptil ini kemudian langsung dievakuasi warga menggunakan sebuah mobil pick up ke lokasi penangkaran buaya milik warga setempat. Untuk mengangkat buaya raksasa ini dari muara sungai ke atas pick up, dibutuhkanbelasan warga untuk mengangkatnya. Warga yang berupaya mengevakuasi buaya ini beberapa kali memberontak hingga terjatuh.

Warga yang tak ingin membunuh buaya muara ini memilih membangun penangkaran buaya secara swadaya. 

Warga menilai cara ini lebih aman dibanding membiarkan buaya ganas yang mengancam keselamatan mereka terutama anak-anak daripada membiarkan terus meneror warga di sekitar pemukiman setempat.

Pawang dan pengelola penangkaran buaya, Rusli mengatakan, buaya raksasa ini ditangkap warga lantaran sudah sering meneror warga termasuk anak-anak. Buaya tersebut sering muncul di dekat pemukiman warga. 

Baca Juga: Sering Meresahkan Warga, Buaya Raksasa Diamankan Menggunakan Pawang
Viral Usai Bunuh Buaya, 2 Pria Ini Auto Kena Karma Langsung Kecelakaan Mobil

“Sudah lama meresahkan warga lantaran sering muncul di sekitar pemukiman warga. Banyak warga khawatir buaya ini akan memangku anak-anak mereka. Sebelum membahayakan buaya kemudian ditangkap warga,”jelas Rusli, Pawang dan Pengelola Penangkaran Buaya.

Selama setengah tahun terakhir ada sebanyak 20 ekor buaya muara yang beranak pinak di sepanjang muara sungai, yang sudah ditangkap warga,  kemudian ditampung dalam penangkaran secara swadaya oleh masyarakat.

Video Terkait