Agar Tak Terserang Penyakit, Begini 2 Cara Jaga Kesehatan Ayam Broiler

Ternak dan budidaya ayam broiler di Provinsi Riau sebagai wujud Program Pesantren Mandiri Pangan Hutama Karya. (ANTARA)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Januari 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Bagi para pelaku peternak ayam broiler, tentunya tidak menginginkan hewan ternaknya terserang penyakit. Berbagai macam cara akan dilakukan pastinya untuk menjaga ayam broiler bebas dari penyakit.

Untuk diketahui, ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam pedaging hasil persilangan berbagai jenis ayam yang memiliki produktivitas daging yang tinggi. Dengan produktivitas tersebut, hal ini menjadi faktor utama bagi para peternak ayam untuk selalu membudidayakan ayam pedaging jenis.

Berikut ini 2 cara sederhana yang dapat dilakukan agar ayam broiler terbebas dari penyakit:

1. Vaksinasi

Hal utama yang terpenting adalah vaksinasi untuk menjaga kesehatan ayam broiler. Vaksin adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami.

Vaksinasi yang sangat penting adalah vaksinasi ND/tetelo. Vaksin sebaiknya dilakukan ketika ayam broiler berumur 4 hari dengan metode tetes mata dan pada umur 21 hari dengan vaksin melalui suntikan atau air minum.

Infeksi bibit penyakit mudah menimbulkan penyakit jika ayam broiler dalam keadaan lemah atau stres. Kedua hal tersebut banyak disebabkan oleh kondisi lantai kandang yang kotor dan cuaca yang jelek.

2. Sanitasi

Setelah panen tiba, kamu dapat melakukan sanitasi kandang ayam. Caranya dengan mencuci kandang menggunakan air hingga bersih dari kotoran. Selanjutnya melakukan pengapuran di dinding dan lantai dapur.

Untuk sanitasi yang sempurna selanjutnya dilakukan penyemprotan dengan formalin, untuk membunuh bibit penyakit. Setelah itu kandang dibiarkan minimal selama 10 hari sebelum budidaya lagi. Cara ini untuk memutus siklus hidup virus dan bakteri, yang tidak mati oleh perlakuan sebelumnya.

Video Terkait



Baca Juga: Agar Tak Terserang Penyakit, Begini 2 Cara Jaga Kesehatan Ayam Broiler
Usai Gantung Mic, Legenda Rocker Jadi Peternak Ayam Beromzet Ratusan Juta