Kenapa Kucing Suka Mendengkur, Ini Jawabannya

Ilustrasi kenapa kucing mendengkur kalau tidur . (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Januari 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Banyak yang mengira bahwa suara kucing yang mendengkur adalah petanda hewan itu merasa nyaman dan bahagia. Padahal tidak semua jenis suara dengkurannya diartikan sebagai pertanda kepuasan, ada beberapa alasan yang nyatanya cukup mencengangkan dan tidak terduga.

Melansir Discover Magazine, Autumn Vetter, DVM, Asisten Profesor Klinis di School of Veterinary Medicine di University of Georgia, menjelaskan bahwa dengkuran pada kucing bukan hanya sekedar getaran bahagia. Ada beberapa alasan yang memicu kucing mengeluarkan suara dengkuran seperti lapar, stres bahkan hanya untuk mencari perhatian.

Anak kucing terlahir tuli dan buta, tetapi mereka bisa langsung mengeong dan mendengkur untuk mendapatkan perhatian dari induknya.  Mereka juga akan mendengkur untuk memberi tahu bahwa mereka lapar.

Jika kucing Anda mendengkur saat waktunya mengisi piring makanan, Anda mungkin mendengar dengkuran “Ibu, tolong beri saya makan,” Jelas Vetter.

Tapi mendengkur juga tidak selalu menandakan permintaan, atau bentuk kepuasan. Kucing juga bisa mendengkur saat mereka cemas atau stres. Kunjungan ke dokter hewan atau hanya ditempatkan di kandang kucing saja dapat memicu dengkuran pada beberapa kucing.

Adakalanya kucing mendengkur saat mereka merasa kesakitan. Vetter mencatat bahwa terkadang kucing mendengkur saat sedang di-eutanasia. Sebuah studi tahun 2009 di Current Biology menemukan bahwa berbagai jenis dengkuran juga terdengar berbeda. Dimana dengkuran kucing untuk meminta makanan terdengar jauh lebih "mendesak dan kurang menyenangkan" daripada bunyi dengkuran kucing yang tidak meminta apa pun.

Bedasarkan analisis akustik, dengkuran bernada rendah adalah sesuatu yang jauh lebih mendesak seperti tangisan berfrekuensi tinggi. Menariknya, tangisan itu terdengar seperti tangisan bayi manusia dalam kesusahan.

Manfaat mendengkur pada kucing

Ada beberapa bukti bahwa mendengkur mungkin lebih dari sekadar menunjukkan gairah emosional atau rasa lapar pada kucing. Sebuah makalah tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of the Acoustical Society of America menemukan bahwa kucing (termasuk kucing besar seperti cheetah dan puma) menghasilkan dengkuran pada frekuensi yang telah terbukti meningkatkan penyembuhan luka.

Kemungkinan kucing mendengkur untuk kesehatan preventif, yaitu untuk menjaga tulang dan otot mereka tetap kuat. Ketika manusia terlalu banyak istirahat (misalnya, ketika mereka sakit atau terluka atau hanya karena mereka benar-benar menonton televisi), otot-otot mereka melemah dan tulang mereka menjadi tipis.

Mendengkur bisa menjadi cara kucing untuk menghindari hasil yang tidak menyenangkan dari gaya hidup yang hanya duduk lama dalam diam menunggu mangsa lewat. Dengan menciptakan getaran dalam dengkurannya, kucing dapat merangsang tulang dan ototnya cukup untuk mencegahnya menjadi lunak karena jarang digunakan.

Arti mendengkur pada Kucing

Seperti kebanyakan komunikasi antara manusia dan hewan peliharaan, dibutuhkan waktu dan perhatian untuk mempelajari bunyi dengkuran pada kucing. Jika mengenal kucing peliharaan dengan baik, kemungkinan si pemiliknya dapat mengetahui apa yang mereka coba sampaikan kepadanya.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Mendengkur, Ini Jawabannya
Waspada! Kucing yang Berkeliaran di Luar Rumah Berpotensi Sebarkan Parasit Mematikan

Namun jika masih bingung membaca bahasa tubuh maupun dengkuran kucing, Vetter menjelaskan bahwa jika kucing berbaring miring dengan kaki terbuka dan mata tertutup sebagian, mendengkur mungkin merupakan salah satu kepuasan.

Jika anggota badan mereka dekat dengan tubuh mereka dan mata terbuka lebar dan melebar, dengkur lebih cenderung menjadi dengkuran gugup. Kucing bisa jadi mendengkur karena beberapa alasan, dan tidak selalu untuk menyampaikan pesan kepada manusia. Ketika mendengkur adalah pesan kepada kita, mereka dapat berkisar dari sesuatu yang sederhana seperti rasa lapar hingga sesuatu yang sedikit lebih kompleks seperti menahan sakit.

Video Terkait