Studi Genomik Baru Buka Harapan Penyelamatan Ras Babi Langka Asli Inggris

Babi jenis Lop asal Inggris. (Foto British Lop Pig)

Editor: M Kautsar - Minggu, 23 Januari 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Para ilmuwan Inggris berhasil mengidentifikasi penanda genetik unik untuk jenis babi Lop yang langka. Studi pertama untuk jenis penelitian ini diharapkan dapat membuka jalan bagi peningkatan populasi babi Lop yang terus menurun.

Berasal dari West Country, Lop adalah salah satu ras babi asli paling langka di Inggris. Babi putih dengan telinga terkulai khas yang menyentuh ujung hidungnya, menghasilkan daging babi dan bacon berkualitas tinggi yang sangat dihargai oleh tukang daging dan koki.

Tetapi breed tersebut telah mengalami penurunan jumlah yang signifikan, seperti yang terjadi pada sebagian besar breed asli Inggris setelah perang dunia kedua.

Melansir Farminguk.com, Lop dikategorikan sebagai 'trah prioritas' dalam Daftar Pantauan Rare Breeds Survival Trust (RBST) karena jumlah dan kekhawatirannya tentang keragaman genetik yang rendah.

Namun, sebuah studi genomik baru, yang ditugaskan oleh RBST dan British Lop Pig Society, telah menawarkan secercah harapan kepada para kelompok yang ingin menyelamatkan trah sapi ini dari kepunahan.

Mereka mengatakan temuan penelitian membuka jalan bagi tindakan untuk menyelamatkan ras langka. Identifikasi penanda genetik pertama dari breed ini memberikan dasar untuk seleksi hewan terbaik untuk program pemuliaan.

Dalam studi ini, sampel rambut dikumpulkan dari 190 individu babi yang dibesarkan di 40 peternakan, yang merupakan bagian yang valid dari populasi pembiakan saat ini. Sampel digunakan oleh para ahli di Scotland's Rural College (SRUC) untuk mendapatkan genotipe genome-wide untuk setiap babi..

Kepala eksekutif RBST Christopher Price menyambut baik temuan penelitian tersebut. "Ini adalah studi yang sangat penting untuk pekerjaan memastikan keturunan asli langka kami yang lain bertahan hidup juga, ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk setiap jenis babi asli Inggris," katanya.

"Kami berharap ini akan menjadi pola bagaimana breed langka lainnya dapat mengakses data genetik serupa," tambah Price.