Perawatan Kelinci Anggora, agar Tumbuh Sehat dan Tidak Cepat Mati

Ilustrasi kelinci anggora (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 21 Januari 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Tidak hanya kucing saja yang berasal dari ras anggora, tetapi kelinci juga memiliki ras ini. Kelinci anggora adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih orang. Kelinci ini berasal dari Ankara, Turki. Awalnya kelinci ini ditemukan oleh pelaut asal Inggris dan dibawa ke Prancis pada tahun 1723. Tak heran jika kelinci ini disebut-sebut sebagai kelinci tertua di dunia.

Secara fisik, hewan menggemaskan ini memiliki banyak kesamaan dengan kucing anggora, sebab mereka memiliki bulu yang lebat dan lembut, yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Bahkan tidak jarang, bulunya sampai menutupi wajahnya. Berat tubuhnya sekitar antara 2-3,5 kg.

Kelinci ini memiliki sifat yang tenang. Jika biasanya kelinci sangat aktif berlarian kesana-kemari, kelinci anggora justru lebih kalem dan tenang. Selain itu ia juga hewan peliharaan yang jinak, sehingga membuat banyak orang menyanyanginya.

Cara merawat kelinci anggora

Untuk perawatannya pun bisa dibilang lebih mudah dan murah ketimbang hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing. Jika tertarik untuk memeliharanya, ada baiknya kamu menyimak penjelasan berikut ini :

1. Menempatkan di dalam ruangan

Kelinci anggora tidak bisa berada di lingkungan yang memiliki suhu panas yang ekstrem. Selain itu mereka juga sensitive dan mudah tertekan saat mendengar atau melihat binatang lain di dekatnya. Oleh karena ini tempatkan kelinci di dalam rumah. Rumah menjadi tempat tinggal paling baik dan aman untuk mereka. Tempatkan mereka dalam kandang yang bersuhu 21 derajat celcius.

2. Memilih kandang yang besar

Hewan lucu ini membutuhkan ruang yang luas untuk bergerak dengan mudah. Setidaknya ukuran kandang mereka berukuran lima kali lebih besar dari ukuran tubuhnya, atau ukuran idealnya adalah 200 x 70 x 70 cm dengan tinggi 50 cm.

3. Menyediakan tempat untuk tidur

Kelinci anggora adalah hewan yang membutuhkan privasi. Terkadang mereka mencari tempat bersembunyi untuk tidur di siang hari. Kamu bisa menyediakan kardus di dalam kandang supaya mereka bisa bersembunyi di dalamnya.

4. Memilih kotak kotoran yang besar

Hal ini juga menjadi poin penting jika ingin memelihara kelinci angora. Mereka menggunakan kotak kotorannya untuk buang air dan juga untuk menghabiskan waktu dengan bersantai.

5. Meletakkan kotak kotoran di pojok ruangan

Kotak kotoran sebaiknya diletakkan di bagian pojok ruangan. Beri juga beberapa lembar koran di lokasi yang sering didatangi kelinci. Hal ini untuk antisipasi mereka buang kotoran sembarangan di dalam rumah.

6. Memberi makanan bergizi

Berikan menu makanan yang disukai kelinci sekaligus mengandung nutrisi bagi mereka. Rumput jerami adalah jenis makanan paling ideal untuk tumbuh kembang mereka. Jenis makanan lain yang bisa diberikan adalah sayur-sayuran seperti wortel, selada, kangkung, tomat, ubi, brokoli, dan seledri.

7. Hindari makanan yang tidak sehat

Jangan sembarangan memberi makanan untuk kelinci anggora kesayanganmu. Makanan tidak sehat bisa mengganggu sistem pencernaan dan sistem imunnya. Adapun jenis sayuran yang tak disarankan diantaranya jagung, selada, tomat, kubis, kacang polong, kentang, bawang, bambu, biji-bijian, dan daging.

8. Olahraga selama 6-8 jam

Bukan hanya manusia saja yang harus berolahraga, melainkan juga kelinci. Hewan ini juga perlu berolahraga agar tetap sehat dan bugar. Sesekali keluarkan kelinci dari dalam rumah agar mereka dapat berlari dan berlompatan di ruang terbuka.

Baca Juga: Perawatan Kelinci Anggora, agar Tumbuh Sehat dan Tidak Cepat Mati
Peluang Bisnis Nih! Raup Rupiah Lewat Urin Kelinci

9. Menyikat bulu kelinci

Kelinci sensitif terhadap air. Oleh sebab itu sebaiknya hindari memandikan kelinci terlalu sering. Kamu cukup menyikat bulu mereka setiap hari, agar mereka tetap bersih dan bebas dari kotoran yang menempel.

Harga kelinci anggora

Semakin banyak minat masyarakat terhadap hewan ini, membuat harga kelinci menjadi cukup meningkat setiap tahunnya. Meskipun begitu, harga kelinci angora masih terbilang terjangkau. Dipasaran, kelinci jenis ini dihargai mulai dari Rp 600 ribu untuk yang berukuran kecil. Sedangkan kelinci berukuran besar, bisa menembus angka Rp 2 juta. Harga itu juga bisa berbeda-beda bergantung oleh faktor umur dan kondisi dari kelinci itu sendiri.

Video Terkait