Kucing Kaki Hitam, Predator Mungil yang Ganas dan Tak Tertandingi

Ilustrasi kucing kaki hitam. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 20 Januari 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Kucing kaki hitam (black-footed cat) memiliki panjang 35–52 sentimeter saja, namun jangan dilihat dari ukurannya yang hanya mempunyai berat lima pon ya Sobat Agri, karena hewan ini memiliki reputasi sebagai pemangsa yang ganas dan sangat efektif di wilayah Delta Okavango, Afrika.

Salah satu studi memperkirakan bahwa kucing kecil kebanyakan memangsa mamalia kecil, burung, reptil dan serangga, dengan tingkat keberhasilan 60 persen dari waktu perburuan. Kerabat mereka yang lebih besar, Singa Afrika, hanya berhasil sekitar seperempat dari perburuan mereka.

Keterampilan predator tak tertandingi dari kucing kaki hitam adalah kebutuhan untuk bertahan hidup. Mereka perlu makan hingga 20 persen dari berat badan mereka setiap hari untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan kegelapan untuk menutupi, mereka meninggalkan liang terbengkalai dan gundukan rayap tempat mereka tinggal untuk menghindari panasnya hari di sabana kering dan padang rumput di Namibia, Botswana, dan Afrika Selatan untuk berburu.

Meskipun kucing kaki hitam memiliki reputasi sebagai pemangsa yang diam-diam dan efektif, mereka terdaftar sebagai rentan dalam daftar Merah IUCN sejak tahun 2002. Sebagian besar habitat padang rumput mereka diubah menjadi padang rumput ternak dan mereka sering menjadi target yang tidak diinginkan dari bangkai beracun dan pestisida yang ditinggalkan predator lain.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species, didirikan pada tahun 1964, adalah inventarisasi status konservasi global spesies biologis yang paling komprehensif di dunia. Daftar ini menggunakan seperangkat kriteria yang tepat untuk mengevaluasi risiko kepunahan ribuan spesies dan subspesies di dunia.

Baca Juga: Kucing Kaki Hitam, Predator Mungil yang Ganas dan Tak Tertandingi
Cantik dan Menggemaskan, Segini Lho Harga Kucing Himalaya

Delta Okavango atau lebih dikenal dengan padang rumput Okavango yang ada di Botswana adalah kawasan delta yang sangat besar dan penuh rawa di bagian tengah cekungan Kalahari. Semua air yang mencapai delta ini akhirnya menguap dan bertranspirasi (lenyapnya uap air dari permukaan daun tumbuhan, baik melalui proses biokimia maupun nonkimia), hingga air tidak mengalir ke laut atau samudra.

Delta Okavango dideklarasikan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Afrika pada 11 Februari 2013 di Tanzania. Delta Okavango juga menjadi situs ke-1000 yang tercatat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada 22 Juni 2014.

Video Terkait