Unik, Pria Ini Kurangi Limbah Pohon Natal Pakai Kambing

Kambing memakan pohon Natal yang sudah tidak terpakai. (Istimewa)

Editor: Dera - Selasa, 18 Januari 2022 | 17:35 WIB

Sariagri - Natal mungkin sudah lewat, tetapi pesta liburan baru saja berlangsung di sebuah peternakan di Wisconsin barat, AS. Di mana kambing membantu mendaur ulang ratusan pohon Natal yang dibuang dari seluruh Minnesota dan Wisconsin sebagai cara untuk membantu lingkungan, dan juga kambing.

Kambing-kambing itu membantu mengurangi limbah pohon Natal dengan memakannya. Hal ini berawal sekitar lima tahun yang lalu. Saat itu, properti Dana Myers di Somerset diserang oleh tanaman Buckthorn, jadi dia membeli beberapa kambing untuk memakan tanaman itu dan menghindari masalah.

“Saya tidak punya niat untuk bertani atau melakukan kegiatan peternakan apa pun, jadi, kebetulan saja,” kata Myers kepada CBS Local.

Kemudian beberapa tetangganya menginginkan solusi yang sama. Tak lama Myers punya 30 kambing. Proyeknya berubah menjadi perusahaan mitigasi buckthorn dari mulut ke mulut, yang sekarang dia sebut 'Scapegoats' atau kambing hitam.

Mereka sekarang memiliki sekitar 150 kambing yang digembalakan selama musim panas dan sekitar 50 kambing kasmir. Kabar tentang daur ulang pohon Natal Myers menyebar cepat setelah dia memposting iklan di aplikasi Nextdoor yang meminta sumbangan pohon.

“Pergi ke tempat pembuangan sampah tidak benar-benar ada gunanya. Sudah ada cukup banyak barang di TPA,” kata Myers.

Baca Juga: Unik, Pria Ini Kurangi Limbah Pohon Natal Pakai Kambing
Bikin Kagum Netizen, Bocah Ini 'Taklukan' Pohon untuk Beri Makan Kambing

Ratusan pohon disumbangkan dari seluruh Minnesota dan Wisconsin. Beberapa keluarga bahkan mengunjungi peternakan untuk melihat sendiri kambing-kambing itu.

“Melihat kegembiraan yang dibawanya kepada orang-orang, itu sangat keren,” kata Myers. “Semua orang mencintai mereka. Ini benar-benar pengalaman yang positif.”

Dia mengatakan kota Menomonie telah menyatakan minatnya untuk bermitra dengannya untuk daur ulang pohon.