Viral Tren Daging Ayam Direbus Bersama Obat Flu, Dokter Ungkap Bahayanya

Ilustrasi daging ayam (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Januari 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan salah satu tren di TikTok, yakni memasak ayam yang direbus dengan obat flu. Tren ini juga dikenal dengan sebutan sleepy chiken atau ayam mengantuk.

Dalam tren tersebut, sejumlah pengguna terlihat menggunakan hampir setengah botol obat flu untuk daging mereka. Para dokter memberikan peringatan agar tidak diikuti orang-orang, pasalnya tren ayam mengantuk ini dapat membahayakan kesehatan.

Dokter Ungkap Bahaya Kesehatan

Mengutip dari nypost, Dr. Jeff Foster mengatakan bahwa media sosial tidak boleh digunakan sebagai sumber informasi medis. "Kami memiliki dosis obat-obatan karena suatu alasan. Jika kamu merendam makanan di dalamnya, dan kemudian memasaknya, kemungkinan besar kamu akan overdosis," ujarnya.

"Jika kamu makan salah satu irisan daging yang sepenuhnya dimasak dalam rebusan obat, itu sama saja benar-benar mengonsumsi seperempat hingga setengah botol obat," tambahnya.

Sejumlah video di TiKTok menunjukkan orang-orang merebus ayam mentah dalam obat hanya selama lima menit sebelum disajikan untuk dimakan.

Baca Juga: Viral Tren Daging Ayam Direbus Bersama Obat Flu, Dokter Ungkap Bahayanya
Viral Seorang Ibu Maternity Shoot di Kandang Ayam, Hasil Potretnya Bikin Warganet Takjub

Disisi lain, Dr Hartman menjelaskan bahwa ini sebenarnya dapat menyebabkan keracunan makanan, yang kemungkinan akan menyebabkan penyakit dan diare. Selain itu, terdapat juga risiko besar lainnya saat memasak ayam dalam obat, yakni kenyataan kalau mereka juga menghirup obat dan memakannya.

"Terhirup, obat-obatan ini juga memasuki aliran darah dengan sangat cepat dan tidak melewati hati untuk detoksifikasi. Efeknya bisa sangat buruk tergantung seberapa banyak kamu menghirupnya," sambungnya.

Video Terkait