Viral Video Belatung Menjijikan, Pria Ini Justru Raup Ratusan Juta dari Ternak Belatung

Ilustrasi belatung untuk dijadikan pakan kucing. (Antara)

Editor: Dera - Senin, 17 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Baru-baru ini jagat maya tengah dihebohkan dengan beredarnya video belatung di kemaluan wanita. Video berdurasi 2 menit 22 detik itu sontak membuat warganet syok. 

Banyak warganet yang geram dan jijik saat melihatnya, di mana video belatung tersebut merupakan aksi seorang wanita yang tengah menunjukan belatung di alat kemaluannya.

Pasalnya, belatung identik dengan hewan yang kotor dan menjijikan, sehingga dikhawatirkan akan membawa penyakit. 

Namun di sisi lain, belatung justru dimanfaatkan sebagian orang untuk menjadi ladang usaha. Meski terdengar menjijikan, tapi budi daya belatung atau larva maggot tengah naik daun, terutama di masa pandemi.  Diketahui, harga jual satu kilogram maggot mencapai Rp6.000, bahkan dalam masih tahap pre pupa dipatok Rp80.000 hingga Rp100.000.

Seperti kisah Hilmi Hilmansyah bersama dengan para pemuda di desa Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu yang memanfaatkan maggot atau larva dari lalat black soldier. Dari usahanya itu, ia bisa mendapatkan omzet ratusan juta.

Bagi para pemula, budidaya maggot ini tidak sulit karena bisa dilakukan di rumah. Selain itu manfaatnya pun banyak sekali, seperti peternak ikan dan unggas biasanya membeli belatung dalam jumlah besar, baik yang kering maupun segar. Betapa tidak, maggot merupakan sumber utama protein dan nutrisi alami yang dibutuhkan hewan dalam aktivitas sehari-hari

Manfaat budidaya maggot bisa menjadi salah satu alternatif pakan ikan yang mudah digunakan untuk memberi makan berbagai unggas seperti ayam, kalkun dan bebek. 

Baca Juga: Viral Video Belatung Menjijikan, Pria Ini Justru Raup Ratusan Juta dari Ternak Belatung
Video Viral Sapi Tergeletak di Selokan Sampai Dikira Mati, Endingnya di Luar Dugaan

Maggot juga berfungsi sebagai pengganti tepung ikan yang sangat baik dalam produksi pakan. Selain itu juga bisa sebagai solusi untuk pengelolaan sampah di peternakan karena sampah merupakan bahan baku pembuatan belatung. Maggot memberikan pupuk untuk produksi tanaman.

Dengan manfaat yang sebegitu banyak, tak heran mengapa permintaan akan maggot tak pernah mati. Hal ini tentu akan mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Video Terkait