Momen Mengharukan Singa Betina Kawal Anak Rusa yang Kesasar kembali ke Kawanannya

Momen haru seekor singa kawal anak rusa kesasar dari kawanannya (Twitter / @TZEmbassyCN)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 14 Januari 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Belakangan ini viral video di media sosial memperlihatkan seekor singa betina mengawal anak rusa kembali ke kawanannya. Seorang pejabat satwa liar menyebutnya bahwa momen itu sebagai 'tindakan cinta'.

Akun resmi Twitter Taman Nasional Tanzania memposting video di mana seekor singa betina terlihat berjalan berdampingan dengan anak rusa. Singa itu mengawal bayi rusa itu kembali ke tempat yang aman di Taman Nasional Serengeti, seperti dikutip dari Daily Mail.

Juru bicara Otoritas Taman Nasional Tanzania, Pascal Shelutete mengatakan kepada BBC bahwa naluri keibuan singa betina tersebut pasti lebih kuat daripada naluri predator alaminya.

Singa adalah 'hiperkarnivora generalis', yang berarti sebagian besar makanan mereka terdiri dari daging dan tidak terbatas pada satu spesies atau jenis hewan.

Zebra dan rusa kutub adalah salah satu hewan mangsa yang paling sering menjadi sasaran singa karena mereka lebih lambat dan lebih mudah ditangkap daripada hewan seperti kijang.

Yang lebih mengejutkannya lagi, ini bukan pertama kalinya singa betina diketahui melindungi hewan yang biasanya ia bunuh.

Baca Juga: Momen Mengharukan Singa Betina Kawal Anak Rusa yang Kesasar kembali ke Kawanannya
Viral Video Seekor Rusa Terluka Masuk ke Rumah Sakit dan Salah Naik Eskalator

Pada rekaman yang diterbitkan oleh Smithsonian Channel dari film dokumenter 2015 'Surviving the Serengeti' menunjukkan seekor bayi rusa kutub lahir tetapi telah terpisah dari induknya, berhadapan dengan singa betina dewasa yang sedang mencari mangsa.

Namun, kawanan singa itu malah membiarkan bayi rusa itu meringkuk di samping tubuhnya yang hangat seolah anaknya sendiri. Hingga akhirnya kawanan singa itu melepas rusa itu dan membiarkannya lari kencang menemui ibunya.

Video Terkait