Empat Penyakit Berbahaya pada Manusia Ini Bisa Diderita Kucing

Kucing salah satu hewan peliharaan manusia.(Pxfuel)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 14 Januari 2022 | 13:20 WIB

Sariagri - Sebagai hewan peliharaan, kucing berpotensi mengidap penyakit yang tidak jauh berbeda dari manusia. Bahkan penyakit kronis yang diderita manusia seperti diabetes misalnya, ternyata juga bisa menyerang kucing.

Bedanya, tidak banyak orang yang bisa mendiagnosa secara tepat penyakit apa yang sebenarnya diderita kucing peliharaannya. Apa saja penyakit kronis pada manusia yang secara umum bisa menyerang kucing kesayangan? Berikut beberapa penyakit itu seperti dikutip dari aspca.org:

Baca Juga: Empat Penyakit Berbahaya pada Manusia Ini Bisa Diderita Kucing
Waspada! Kucing yang Berkeliaran di Luar Rumah Berpotensi Sebarkan Parasit Mematikan



Kanker

Penyakit yang disebabkan mutasi sel yang tumbuh tidak terkendali menyerang jaringan tubuh dan bisa menyebar ke bagian lainnya. Seperti halnya manusia, kucing juga bisa terkena berbagai jenis kanker.

Karsinoma sel skuamosa pada telinga, kelopak mata atau hidung kucing merupakan kanker kulit yang disebabkan paparan sinar matahari secara terus-menerus. Kucing putih dan bulu berwarna terang lebih rentan terkena kanker ini. Selain itu, Lymphosarcoma (LSA) merupakan jenis kanker yang paling umum pada kucing. Beberapa laporan memperkirakan 30 persen dari semua kanker kucing disebabkan LSA.

Diabetes

Diabetes pada kucing sama halnya dengan yang terjadi pada manusia disebabkan kekurangan hormon insulin atau respon sel pankreas yang tidak memadai terhadap insulin. Jika kucing terkena diabetes, kadar gula darahnya akan meningkat sehingga menyebabkan banyak masalah kesehatan. Penyakit ini sering disebut komplikasi diabetes.

Virus leukemia kucing

Pertama kali ditemukan pada 1960-an, virus leukemia kucing adalah retrovirus RNA yang dapat ditularkan dan sangat menghambat sistem kekebalan tubuh hewan itu. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian paling sering didiagnosis pada kucing domestik (lokal).

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Penyakit ini menyebabkan saluran pernapasan bagian atas kucing (hidung, tenggorokan dan area sinus) sangat rentan terhadap infeksi. Ada beberapa penyebab umum kucing pengidap ISPA di antaranya disebabkan virus Feline calicivirus dan feline herpesvirus.

Dua jenis virus ini menyumbang 80-90 persen masalah pernapasan menular pada kucing. Penyakit bisa menular di antara kucing melalui bersin, batuk, atau berbagai makanan dan minum dalam satu mangkuk.

Selain disebabkan virus, ISPA pada kucing juga bisa disebabkan bakteri Chlamydia dan Bordetella. Biasanya dua bakteri itu ditemukan di tempat penampungan kucing dan terjadi pada kucing stres dan hidup dalam kondisi penuh sesak tanpa sirkulasi ruang yang baik.

Video:

Video Terkait