Fakta Unik: Mengenal Makna Dibalik Simbol Burung Merpati pada Logo PT. Pos Indonesia

Logo PT. Pos Indonesia (posindonesia)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 14 Januari 2022 | 13:40 WIB

Sariagri - PT. Pos Indonesia merupakan salah satu sarana komunikasi yang terkenal hingga sekarang dengan logo khas yang mudah untuk diingat yaitu burung merpati. Logo dari PT. Pos Indonesia sebelumnya sudah mengalami beberapa perubahan mulai dari 1961 sampai 2021.

Ide utama pada logo PT. Pos Indonesia ini adalah burung, sebagai simbol atau tanda yang mewakili merpati pos. Ini merupakan konsep pada pengantaran surat pada jaman dahulu.

Simbol Burung Merpati

Oleh karenanya, simbol burung merpati tak pernah tergantikan sejak 1961 hingga sekarang. Simbol ini berbentuk burung merpati dalam posisi terbang dengan pandangan lurus ke depan, lima garis sayap yang berbentuk garis-garis kecepatan.

Simbol Burung Merpati dalam posisi itu memiliki arti bahwa perusahaan dalam menjalankan usahanya mengutamakan pada kecepatan, ketepatan, dan terpercaya.

Selain burung merpati, terdapat juga simbol bola dunia yang melambangkan peran perusahaan sebagai penyelenggara layanan yang mampu menjadi sarana komunikasi dalam lingkup nasional maupun internasional.

Baca Juga: Fakta Unik: Mengenal Makna Dibalik Simbol Burung Merpati pada Logo PT. Pos Indonesia
Pria 70 Tahun Kena Denda Rp9,7 Juta Gara-gara Burung Merpatinya Terlalu Berisik

Sementara itu, tipe tulisan 'POS INDONESIA' dengan huruf Futura Extra Bold memberikan cii khas sebagai Perusahaan kelas dunia. Sedangkan warna logo menggunakan warna Pos orange dan abu-abu yang memiliki makna berbeda.

Warna Pos Orange mengandung art dinamis dan cepat. Kemudian warna Abu-abu yang merupakan warna natural mengandung makna modern dari sisi pendekatan bisnis.

Video Terkait