Langka! Momen Biawak Raksasa dan Ular Kobra Saling Menjulurkan Lidah hingga Bersentuhan

Momen langka biawak dan ular menjulurkan masing-masing lidahnya bahkan sampai bersentuhan (Siakapkeli)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 14 Januari 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Setiap makhluk hidup di dunia ini memiliki kepribadian atau perilakunya masing-masing. Tidak hanya pada manusia, tetapi juga hewan memiliki keunikannya sendiri tidak peduli hewan tersebut jinak atau liar.

Sudah banyak orang yang menyaksikan sendiri perilaku aneh yang dilakukan oleh hewan liar, terutama reptil. Salah satunya momen langka yang terjadi pada biawak raksasa dan ular kobra satu ini.

Mengutip laporan dari Mothership, seorang fotografer William Khaw memotret adegan aneh yang dilakukan oleh dua reptil tersebut. Potret rekaman itu ia bagikan di halaman grup Facebook Singapore Wildlife Sightings.

Menurut laporan, Khaw secara tidak sengaja telah menemukan pertemuan antara biawak dan ular kobra di Taman Pasir Ris. Ia kemudian memotret momen langka ketika kedua hewan itu menjulurkan masing-masing lidahnya bahkan sampai bersentuhan.

Kedua reptil menggunakan lidah untuk mengendus lingkungan mereka dengan menggunakan partikel bau yang terdapat di udara.

Ketika lidah biawak hampir menyentuh wajah ular, kobra yang lebih kecil berdiri tegak seakan menantang biawak untuk berhadapan dengannya. Kobra juga melebarkan kepalanya sebagai bagian dari pertahanannya.

Khaw mengatakan bahwa ketika ular kobra melebarkan lehernya, biawak itu mundur seakan-akan memberikan ruang untuk ular kobra untuk lewat.

"Apa yang dilakukan biawal adalah tindakan yang harus kita lakukan jika kita menemukan ular berbisa," kata Khaw.

Kobra adalah salah satu spesies ular berbisa asli yang ditemukan di Singapura. Meskipun gigitannya bisa berakibat fatal, hewan ini biasanya tidak agresif jika dibiarkan sendiri.

Baca Juga: Langka! Momen Biawak Raksasa dan Ular Kobra Saling Menjulurkan Lidah hingga Bersentuhan
Kisah Heroik! Wanita Ini Keluarkan Ular Piton 3 Meter dari Rak Bumbu di Sebuah Supermarket

Kemampuannya untuk menyemprotkan racun ke mata korban dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan di sekitar mata.

Itu sebabnya biawak pun lebih pintar untuk tidak mencari-cari kesalahan pada ular meskipun sebenarnya biawak itu terlihat lebih besar darinya.

Video Terkait