Anti Ribet! Begini Cara Mudah Basmi Kutu Kucing di Rumah

Ilustrasi kucing (Pexels)

Editor: Dera - Kamis, 13 Januari 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Kutu kucing merupakan parasit yang sering dialami oleh kucing peliharaan. Mungkin para pecinta kucing sudah tidak asing dengan permasalahan satu ini.

Kutu kucing bisa saja menular, sebab ia bisa melompat dari kucing satu ke kucing lainnya. Telur kutu, larva, dan juga kepompong bisa hidup di sekitar rumah. Bisa tersebar di karpet, kain, kasur dan berbagai tempat lain di dalam rumah.

Kutu memiliki kemampuan yaitu berkembang biak dengan cepat. Jika tidak segera dibasmi, maka parasit tersebut bisa menimbulkan masalah serius. Tak hanya membuat kucing gatal-gatal, kutu bisa menyebabkan kucing terkena anemia, sebab kutu menghisap darahnya. Selain itu bisa membuat pemiliknya mengalami iritasi pada kulit.

Berikut cara membasmi kutu kucing di rumah.

Lakukan isolasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengisolasi kucing peliharaan. Taruh kucing di ruangan khusus. Dengan mengisolasi kucing yang terkena kutu akan mencegah penularan kutu ke peliharaan lain. Cara ini juga bisa mempermudah dalam merawat kucing yang terkena kutu.

Bersihkan kandang kucing

Cara kedua yaitu dengan membersihkan kandang kucing. Sebab kandang adalah tempatnya beristirahat dan melakukan aktivitas. Cuci kandangnya dengan menggunakan air panas yang dicampur dengan cuka untuk menghilangkan telur kutu sepenuhnya. Selain kandangnya kamu juga bisa memperhatikan kebersihan tempat tinggalmu.

Berikan obat kutu

Selanjutnya kamu bisa memberinya obat kutu. Umumnya obat kutu kucing yang dijual dipasaran berbentuk cairan spray atau bedak. Kamu bisa langsung menggunakannya ke tubuh kucing. Pastikan kamu memilih obat kutu yang aman untuk kucing karena kucing suka menjilat bulunya sendiri.

Berikan sampo khusus

Cara yang satu ini dianggap paling ampuh yaitu dengan memandikannya dengan sampo khusus. Sampo khusus kucing bisa ditemukan dengan mudah di petshop atau klinik dokter hewan. Memandikan kucing bisa membantu membersihkan kulit dan bulu kucing dari kutu hingga telurnya.

Rutin menyisir bulu

Setelah memandikan kucing dengan sampo khusus kamu bisa menyisir bulu kucing dengan rutin. Gunakan sisir kutu yang memiliki gigi halus dan rapat akan memudahkan mengangkat kutu dari bulunya. Selain kutu, telur yang menempel juga ikut terangkat.

Baca Juga: Anti Ribet! Begini Cara Mudah Basmi Kutu Kucing di Rumah
Kucing Betina Keguguran? Kenali Penyebab, Gejala, dan Penanganan yang Tepat

Berikan minyak telon

Jika sudah dimandikan, disisir bulunya selanjutnya kamu bisa memberikan minyak telon. Sebab minyak telon mengandung minyak atsiri yang bisa membunuh parasit yang ada di tubuh kucing. Cukup dengan mengoles sedikit minyak telon di bagian yang sering didiami kutu seperti perut dan leher.

Gunakan air lemon

Selanjutnya kamu bisa gunakan air lemon untuk perawatan. Rebus air dengan potongan lemon. Setelah itu dinginkan air demon selama beberapa jam, lalu tuang ke botol spray. Lalu semprotkan pada kulit dan bulu kucing hingga membasahi semua bulu.

Video Terkait