Kasihan! Diusir Warga, Kawanan Gajah Liar Ini Sempat Terjebak di Kanal Air

Ilustrasi gajah (Pexels)

Editor: Dera - Kamis, 13 Januari 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Sebuah video yang memperlihatkan sekawanan gajah liar di India yang terjebak di sebuah kanal buatan viral dan memancing perdebatan perlunya pembangunan infrastrukur yang aman bagi satwa liar.

Insiden itu dilaporkan terjadi di sebuah desa di distrik Mysuru, Karnataka, India pada Senin (10/01) lalu. Melansir Indian Express, kawanan gajah itu terjebak dan masuk ke dalam kanal setelah mereka diusir sejumlah penduduk desa.

Dalam video yang dibagikan secara luas di media sosial itu tampak lima ekor gajah berjuang untuk keluar dari kanal. Beberapa di antaranya bahkan tergelincir beberapa kali saat mencoba naik ke kanal buatan itu.

"Infrastruktur di koridor gajah sedang diuji. Kami beruntung bisa diselamatkan nanti oleh Departemen Kehutanan,” cuit petugas Indian Forest Service (IFS) Susanta Nanda, saat membagikan video tersebut.

Pejabat hutan Karnataka mengatakan insiden itu terjadi di kanal sungai Lakshmana Tirtha di Desa Hanagodu di bawah Hunsur taluk di distrik Mysuru pada Senin pagi. Seorang pejabat senior kehutanan mengatakan kepada indianexpress.com bahwa kawanan itu terjebak di kanal setelah penduduk desa mencoba mengusirnya.

Baca Juga: Kasihan! Diusir Warga, Kawanan Gajah Liar Ini Sempat Terjebak di Kanal Air
Anak Gajah Mati Misterius, Pecinta Satwa Liar Minta Pemkot Surabaya Tanggung Jawab

Pejabat itu mengatakan, gajah-gajah itu tidak dapat keluar dari kanal karena air dan tepian kanal yang licin. “Kawanan itu dikejar oleh sekelompok warga namun gajah-gajah itu tidak dilukai dengan cara apa pun,” tambah petugas itu.

Setelah keluar dari kanal, kawanan gajah liar itu berhasil memasuki Cagar Alam Harimau Nagarahole. Banyak warganet mengatakan bahwa perencanaan yang lebih baik harus dilakukan untuk menghindari kejadian serupa terulang dan membantu mencegah meningkatnya konflik manusia-satwa liar di masa depan.