Pencuri Gondol 350 Ekor Bebek Petelur di Blitar

Peternak di Blitar, Jawa Timur kehilangan 350 ekor bebek petelurnya. (Foto Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Kamis, 13 Januari 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Warga Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur digegerkan dengan peristiwa pencurian ratusan ekor bebek petelur milik Joni (38 tahun), peternak setempat.

Sebanyak 350 ekor bebek petelur yang ditempatan di empat kandang raib hanya dalam semalam. Pelaku hanya menyisakan belasan ekor bebek dan beberapa butir telur bebek di kandang.

Peristiwa pencurian ini, diketahui pemilik pagi hari saat akan memberi pakan bebek. Ia sangat terkejut menjumpai kandang bebek kosong dan hanya tersisa belasan ekor saja.

“Saya tahunya pagi pas akan memberi pakan. Awalnya saya agak curiga, kok tidak terdengar suara gaduh di kandang belakang rumah. Kok tidak seperti biasanya, lalu saya lihat, ratusan bebek saya sudah tidak ada di kandang dan hanya ada sekitar 11 ekor saja,” kata pemilik ternak bebek petelur, Joni kepada Sariagri, Kamis (13/1).

Dia menduga pelaku lebih dari satu orang dan beraksi saat tengah malam ketika pemilik tertidur lelap.

“Perkiraan pelaku ini komplotan lebih dari 1 orang dan sudah mempelajari lokasi kandang ternak sehingga mudah sekali menggiring bebek untuk dibawa kabur. Perkiraan pencurian terjadi sekitar jam 12.00 malam hingga jam 04.00 subuh,” terangnya dengan raut wajah muram.

Sementara itu, sejumlah petugas kepolisian dari sektor Kesamben yang dipimpin Kapolsek AKP Eko Sujoko langsung melakukan pemeriksaan setiba di lokasi kejadian.  

Dari hasil penyelidikan di tempat kejadian perkara ditemukan jejak pelaku pencurian. Komplotan pelaku diduga melakukan pencurian dengan melewati sungai dan membuat jembatan dari bambu serta kayu.

“Kami temukan jejak pelaku dugaan lebih dari 1 orang. Ratusan bebek ini digiring melewati sungai gogo niti selebar lebih dari 10 meter. Mereka membuat jembatan dari kayu dan bamboo yang diikat dengan kaos milik salah seorang pelaku,” papar Kapolsek Kesamben, AKP Eko Sujoko.

Eko menambahkan kasus pencurian bebek di kandang dengan jumlah banyak ini sudah tiga kali terjadi di wilayah hukum Polsek Kesamben.

Baca Juga: Pencuri Gondol 350 Ekor Bebek Petelur di Blitar
Sukses Ternak Bebek Mandarin, Pria Ini Bisa Jual Seharga Rp15 Juta

"Kejadian pencurian ternak khususnya bebek atau itik ini sudah kali ketiga terjadi di wilayah kesamben. Pelaku kami duga komplotan yang sama karena ada kemiripan pola dan sasaran pencuriannya. Mengingat harga bebek petelur saat ini sedang tinggi dan banyak permintaan,” imbuhnya.

Polisi kini tengah berupaya melakukan pengejaran terhadap pelaku. Akibat pencurian ini, peternak ditaksir mengalami kerugian hingga Rp25 juta.

Video terkini:

Video Terkait