India Izinkan Impor Daging Babi dari AS Setelah Bertahun-tahun

Ilustrasi - Peternakan babi.

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 12 Januari 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - India akhirnya mengizinkan impor daging babi dan produk babi dari Amerika Serikat (AS) setelah bertahun-tahun didesak Negeri Paman Sam.

Menjadi negara terpadat kedua di dunia setelah Cina, saat ini India hanya mengimpor sedikit daging babi. Namun, kelompok peternak babi di AS percaya dengan potensi besar penjualan daging babi ke India.

"Perjanjian untuk mengizinkan impor daging babi AS untuk pertama kalinya adalah berita bagus dan ini perkembangan signifikan bagi produsen babi AS maupun konsumen di India," ujar perwakilan perdagangan AS, Katherine Tai seperti dikutip Successful Farming.

Menteri Pertanian AS, Tom Vilsack mengatakan Departemen Pertanian AS (USDA) akan bekerja sama dengan India untuk memastikan industri daging babi di negara itu dapat secepatnya mulai mengirimkan produk berkualitas tinggi ke konsumen India.

Sementara itu, Dewan Produsen Babi Nasional AS menyatakan perjanjian itu akan mengakhiri larangan de facto India terhadap daging babi AS.

Baca Juga: India Izinkan Impor Daging Babi dari AS Setelah Bertahun-tahun
Bukan COVID-19! Amerika Serikat Terancam 'Kiamat Babi', Ternyata Ini Penyebabnya

"Setelah beberapa dekade bekerja, pasar yang tertutup untuk daging babi AS akhirnya dibuka," kata Jen Sorenson.

Untuk diketahui, India menyumbang 1,6 miliar dolar AS atau hampir 1 persen dari ekspor pertanian AS di tahun 2021. AS adalah negara pengekspor daging babi terbesar kedua di dunia setelah Eropa.

Nikkei Asia melaporkan pengumuman diizinkannya impor daging babi dari AS adalah puncak perjanjian Perdana Menteri India Narendra Modi dengan Presiden AS Joe Biden pada September 2021 sebagai upaya mengembangkan hubungan perdagangan dan investasi kedua negara.

Video: 

Video Terkait