Aneh tapi Nyata, Ini 5 Hewan Tembus Pandang Bertubuh Transparan

Glass Forg (Foto Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 12 Januari 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Keunikan yang dimiliki setiap hewan terkadang kerap membuat orang yang melihatnya merasa aneh bahkan takjub. Salah satunya adalah hewan tembus pandang bertubuh transparan. 

Jika membayangkan bagaimana hewan tembus pandang seperti kaca tentunya merupakan suatu hal yang menakjubkan. Diketahui, hewan-hewan itu biasanya bisa temukan di dalam laut.

Penasaran apa saja hewan tembus pandang layaknya kaca? yuk simak ulasannya: 

Cumi kaca

Cumi mungkin kerap dijadikan salah satu hidangan laut. Namun, pernahkah kamu mendengar cumi kaca yang tembus pandang?

Sebenarnya, ada lebih dari 50 spesies cumi berbeda yang tersebar di seluruh lautan. Salah satunya cumi jenis cranchiidae, yang juga dikenal sebagai cumi-cumi kaca, menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan bersantai di lapisan atas laut, mencoba menyamarkan dirinya dari predator yang ingin memangsanya.

Teripang tembus

Hewan berikutnya bernama teripang tembus. Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang merupakan mata rantai penting dalam terumbu karang dan ekosistem biota laut pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels).

Transparan amphipod phronima

Udang yang satu ini selain tembus pandang juga memiliki ukuran tubuh yang kecil, yakni hanya 2 centimeter. Ukuran tubuhnya yang kecil membuatnya terlihat seperti ninja di dalam air. Karena tubuhnya yang kecil dan tembus pandang membuat predator sulit menemukannya dan memangsanya.

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Lele kaca

Lele merupakan salah satu hewan yang tak asing dan cukup sering ditemui. Namun tentunya suatu hal unik sekaligus aneh jika mendengar dan melihat lele tembus pandang seperti kaca.

Baca Juga: Aneh tapi Nyata, Ini 5 Hewan Tembus Pandang Bertubuh Transparan
Viral! Ada Gumpalan Misterius di Pantai Ini, Netizen: Apa Itu?

Ternyata lele tembus pandang bak kaca atau Glass catfish dapat ditemukan di sepanjang pantai Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Jenis lele yang satu ini bernama glass catfish, kamu hanya dapat menemukannya di sepanjang pantai Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Katak kaca

Katak adalah hewan yang memiliki beberapa jenis. Namun, ada loh katak kaca yang di mana tubuhnya tembus pandang seperti kaca. Jika ingin melihat katak kaca, kamu harus pergi ke hutan hujan di Amerika Tengah dan Selatan. Uniknya, ketika katak kaca duduk tanpa bergerak, mereka hampir tidak terlihat. Jadi kamu perlu memperhatikannya dengan saksama.

Video Terkait