Begini Ciri-ciri Burung Perkutut Bertuah yang Dijadikan Pesugihan Penglaris Pedagang

Ilustrasi burung perkutut (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 12 Januari 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Sebagian orang di Indonesa masih menggunakan penglaris untuk berdagang. Salah satu media yang digunakan adalah burung perkukut.

Mengutip dari kanal YouTube Pringgon Channel, burung perkutut di kalangan masyarakat Jawa terkenal dengan burung 'bertuah' dan kaya akan mitos-mitosnya, termasuk pesugihan yang membawa keberuntungan, kelancaran rezeki, penglaris dagang dan lain-lain.

Pada tampilan fisiknya, terdapat mitos burung-burung perkutut yang dianggap bertuah untuk penglaris berdagang. Diantara pemerhati burung perkutut, dikatakan ada dua jenis, yakni burung perkutut lokal umum dan khusus pesugihan.

Burung perkutut jenis lokal umum merupakan burung yang paling banyak dipelihara dari berbagai kalangan untuk sekedar hobi. Sedangkan burung perkutut yang dianggap bertuah punya manfaat bagi kalangan profesi tertentu.

Untuk burung perkutut khusus pesugihan terdapat ciri-ciri yang dianggap bertuah oleh kalangan pedagang penyembah dewa tertentu.

1. Jenis Telaga Beteng (Kolam Penuh Air)

Ciri-ciri yang ditunjukan pada burung ini dapat dilihat dari menyambungnya bulu kalung bagian atas dan bawah perkutut, sedangkan bagian tengahnya tidak. Jika diperharikan di leher perkutu, bulu coklat yang di tengah terlihat menyerupai kolam bundar.

Pemelihara dari perkutut jenis ini adalah kalangan wedia, yakni pengusaha dan pedagang dari kalangan penyembah Dewa Sadana alias Dewa Uang. Tuah yang didapat adalah memperlancar usaha dan mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya.

2. Jenis Telaga Ngembeng (kolam air tergenang)

Jenis burung perkutut ini memiliki ciri bulu kalung yang seolah menyambung di bawah temboloknya. Burung ini dijadikan pesugihan oleh wesia, yaitu pengusaha dan pedagang, kalangan penyembah Dewa Bhagawan Byasa.

Baca Juga: Begini Ciri-ciri Burung Perkutut Bertuah yang Dijadikan Pesugihan Penglaris Pedagang
Viral 80 Burung Unta Kabur dari Kandang hingga Berkeliaran di Kota

Bagi orang yang mempercayainya menggunakan burung ini sebagai pesugihan untuk kelancaran usaha, mendatangkan rezeki dan lainnya.

3. Jenis Sri Bakta

Burung perkutut jenis ini memiliki ciri berupa sehelai bulu sayap atau bahu sebelah kanan yang berwarna putih. Orang yang memelihara juga adalah wesia, yaitu pengusaha dan pedagang, para penyembah Sri Dewi atau Dewi Kemakmuran. Banyak orang yang mempercayai pesugihan ini meyakini akan memperoleh kemakmuran.

Video Terkait