Heboh Video Penampakan Burung Garuda, Hoaks atau Fakta?

Heboh video penampakan burung garuda (TikTok / @awjy_fyp2022)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Januari 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan seekor burung besar yang diduga Burung Garuda. Video tersebut dibagikan melalui akun TikTok @awjy_fyp2022.

Dalam video unggahan tersebut, tampak awalnya seorang pria mengeluarkan burung besar tersebut dari sebuah kandang. Setelah keluar, burung itu tampak melebarkan sayapnya.

Sementara itu, terlihat juga dua orang perempuan berdiri di sebelah burung berukuran besar itu. Mereka tampak mengabadikan burung besar tersebut. Sontak unggahan tersebut pun viral dan telah ditonton hingga 11 juta pengguna.

Menurut keterangan akun tersebut, dikatakan bahwa burung tersebut merupakan Burung Garuda. Lantas, benarkah klaim tersebut?

"BURUNG GARUDA #fyp #indonesia #viral," tulis keterangan akun tersebut.

Hasil Penelusuran

Berasarkan hasil penelusuran, burung yang diklaim sebagai Burung Garuda dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Rupanya, burung tersebut merupakan Burung Bangkai Griffon, seperti dikutip dari turnbackhoax.id.

Burung Bangkai Griffon merupakan burung yang spesiesnya banyak tersebar di benua Afrika, Eropa, dan Asia Selatan.

Mengutip dari laman 4vultures.org dan animalia.bio, burung bangkai griffon umumnya memakan bangkai mamalia sedang hingga besar khususnya bagian bangkai yang lembut seperti otot dan jeroan.

Baca Juga: Heboh Video Penampakan Burung Garuda, Hoaks atau Fakta?
Video Viral Burung Merak Tak Ingin Berpisah dengan Pasangannya yang Mati, Warganet Jadi Terharu

Burung Bangkai Griffon memiliki ukuran leher yang super panjang sehingga tak mengherankan apabila mereka bisa menjangkau bagian-bagian tersebut tanpa tersangkut.

Melalui penjelasan tadi, maka dapat disimpulkan bahwa video yang mengklaim menampilkan Burung Garuda adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

@awjy_fyp2022 BURUNG GARUDA#fypシ #indonesia #viral ♬ suara asli - Aceh tok tok

Video Terkait