Mitos atau Fakta, Kencing Katak Bisa Bikin Mata Buta?

Ilustrasi katak (Pexels)

Editor: Dera - Senin, 10 Januari 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Katak merupakan hewan amfibi yang kerap ditakuti oleh sebagian masyarakat, lantaran beredar informasi bahwa seseorang yang terkena kencing katak bisa menyebabkan mata menjadi buta. 

"Awas jangan kena kencing katak karena bisa bikin buta!" kalimat peringatan itu mungkin sering kali didengar di telinga masyarakat.

Lalu, benarkah kencing katak dapat membutakan mata?

Dilansir dari berbagai sumber, air kencing katak dapat membutakan mata adalah mitos. Katak yang melemparkan kencingnya kepada manusia hanya sebagai mekanisme pertahanan.

Hal tersebut karena dia merasa terancam. Urine katak tidak jauh berbeda dengan manusia dan hewan lainnya. Namun jangan dikucek apabila urine tersebut terkena mata karena dapat menyebabkan iritasi.

Hingga saat ini belum terdapat penelitian dan bukti ilmiah urine katak membutakan mata manusia. Urine katak hanya menyebabkan iritasi dan pandangan kabur beberapa saat.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Kencing Katak Bisa Bikin Mata Buta?
Penelitian: Busa Katak Ini Mampu Kurangi Risiko Infeksi pada Manusia

Ketika mata terasa sakit dapat membersihkannya degan kassa steril basah, hindari cahaya silau atau terlalu terang, kompres dingin bila nyeri dan jangan menguceknya.

Namun apabila pandangan tetap kabur dan mata masih sakit dalam tiga hari, lekaslah periksakan ke dokter. Hal tersebut untuk penanganan lebih lanjut dan benar.

Video Terkait