Kreatif! Ketika Kambing dan Domba Digunakan untuk Kampanye Vaksinasi COVID-19

Kambing dan Domba pun Digunakan untuk Kampanye Vaksinasi Covid-19. (Sariagri/Indian Express)

Editor: Reza P - Sabtu, 8 Januari 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Beragam cara dilakukan negara-negara untuk meningkatkan kesadaran warganya mengikuti vaksinasi COVID-19. Di Jerman, sekelompok orang membuat video kreatif dan unik untuk mengkampanyekan program vaksinasi. Mereka mengajak ratusan kambing dan domba untuk berkumpul dan membuat formasi jarum suntik. Video itu pun langsung viral saat dibagikan ke media sosial.

Melansir dari laman Indian Express, sekitar 700 domba dan kambing dikumpulkan di sebuah ladang di Schneverdingen, selatan Hamburg, Jerman. Dengan drone, kumpulan hewan-hewan itu tampak berkumpul membentuk formasi jarum suntik raksasa sepanjang 328 kaki. Untuk memikat para domba dan kambing, pakan ternak ditempatkan dalam bentuk  jarum suntik.

"Menggunakan drone dan kawanan domba lokal milik gembala, seorang pembuat tim di Jerman utara menggunakan sekitar 700 domba dan beberapa kambing untuk membentuk jarum suntik raksasa sepanjang 328 kaki untuk menyebarkan pesan vaksin COVID-19,” tulis keterangan foto tersebut pada sebuah tweet oleh Reuters.

Menurut laporan The Hill, pengambilan video unik tersebut dilakukan di lahan yang ukurannya lebih besar lapangan sepak bola, yaitu lebih dari 100 yard. Sejak dibagikan, video tersebut viral dan telah mengumpulkan lebih dari 47.000 tampilan.

Baca Juga: Kreatif! Ketika Kambing dan Domba Digunakan untuk Kampanye Vaksinasi COVID-19
Dari Kandang Roboh, Peternak Sukses Ini Kini Beromzet Rp3 Miliar

Ide pembuatan video itu datang dari Hanspeter Etzold, yang membantu perusahaan dalam membentuk tim kreatif.

“Domba sangat populer di kalangan orang-orang dan membawa pesan emosional yang positif. Jadi, mungkin beberapa orang dapat dijangkau secara emosional ketika logika dan penalaran ilmiah tidak bekerja, ”kata Etzold dalam video tersebut.

Wiebke Schmidt-Kochan, sang gembala kambing dan domba mengaku berjuang keras untuk melatih hewan-hewan tersebut.

Menurut Reuters, tingkat vaksinasi di Jerman cukup rendah. Menurut Institut Robert Koch Jerman untuk, 71,3% dari populasi Jerman telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 dan 39,3% telah menerima suntikan booster pada hari Selasa. Pada saat yang sama, data RKI yang dilaporkan oleh Reuters menunjukan, hanya sekitar 5% -10% orang Jerman yang menentang keras vaksinasi dan sisanya ragu-ragu.

Video Terkait